GREEN TEA LEBIH AMPUH OBATI JERAWAT

Posted: 4 February 2009 in Beauty, Health
Tags: , , , , , , , ,

By : TheeAs

Populer di Asia, green tea alias teh hijau diketahui memiliki antioksidan polifenol kuat terutama EGCG (epigallo katekin galat) yang dapat mencegah kanker, menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke, dan menurunkan kolesterol darah. Selama ini dipercaya pula bahwa meletakkan kantung teh celup yang telah dicelup air hangat pada wilayah (wajah) berjerawat yang sampai membekas hitam dapat menyebabkan toksin-toksin keluar dari lesi sehingga mempercepat penyembuhan jerawat. Ternyata, hal ini didukung oleh penelitian.

Pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. Gan-Wong, dari American Academy of Dermatology, terbukti bahwa teh hijau dapat menyembuhkan jerawat lebih kuat dari obat jerawat standar, benzoyl peroksida. Bahkan, efek samping yang ditimbulkan jauh lebih kecil dari benzoyl peroksida.

Dalam penelitian ini, Subjek 100 orang penderita jerawat dibagi dua kelompok : pada kelompok pertama dilakukan pengobatan jerawat dengan ekstrak green tea 3%, sedangkan kelompok dua adalah larutan topikal (oles) yang mengandung 4% benzoyl peroksida, obat standar untuk jerawat. Studi dilakukan secara double-blind.

Setelah 12 minggu, ternyata kelompok yang mendapat green tea memperoleh penyembuhan, pengurangan jerawat, dan bekas kemerahan secara signifikan daripada kelompok benzoyl peroksida. Kasus kulit kering dan iritasi kulit pun lebih sedikit pada kelompok green tea.

Benzoyl peroksida adalah bubuk kristalin yang digunakan dalam produksi plastik, ban, dan bahan kosmetik. Benzoyl peroksida dapat menyebabkan iritasi mata, kulit, dan saluran pernafasan, dan tak boleh digunakan dalam jangka waktu panjang.

Jadi, siapapun yang ingin mengobati jerawat namun takut pada efek samping benzoyl peroksida dan iritasinya, gunakan saja green tea.
Caranya, teh diseduh air hangat lalu biarkan 5 menit untuk melarutkan polifenolnya. Green tea hendaklah tidak mengandung gula dan pengawet, karena keduanya dapat mengurangi khasiat green tea. Lalu oleskan ke wajah yang berjerawat.

Dan harap diperhatikan bahwa green tea yang digunakan adalah asli, yakni berwarna hijau muda. “Green tea” komersial yang di pasaran namun berwarna coklat kenampakannya sesungguhnya bukan green tea lagi, melainkan oolong tea dan khasiatnya tak lagi sama dengan green tea.

Sumber : “Green Tea Is Good for You and Your Acne”. Greg Podsakoff. http://www.naturalhealthweb.com

(Dukung kami dengan mengirimkan kritik, saran, dan request artikel,,bisa melalui comment di sini atau email ke satanic_diva_666@yahoo.com. thank’s alot…)

Comments
  1. […] mo pergi ya perggia aja sekalian ga pake pindah tempat gitu….akire aku nemu artikel yang worth banget, here we […]

  2. dicky says:

    sy ingin coba tapi dimana menemukan green tea yg asli??

  3. kimdump says:

    makasih bane nih.. infonya bagus,
    aku pengen ngatasi jerawatku.. thanks.

  4. ozay de king says:

    apakah manfaat minum teh untuk perokok?

  5. leah says:

    Aduh, green tea yang selama ini saya konsumsi asli tidak, ya ? he he…. Anyway, dimana bisa mendapatkan green tea yang asli ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s