MSG PICU OBESITAS SAMPAI AUTISME

Posted: 20 February 2009 in Health
Tags: , , , , ,

Compiled by : theeas

MSG berlebih mengacaukan kerja pankreas, memicu obesitas, diabetes, sampai diduga menyebabkan autisme pada janin berumur 1 bulan

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah menggunakan MSG untuk menciptakan lemak pada tikus-tikus percobaan. Pada ratusan studi yang dilakukan di seluruh dunia selama 30 tahunan terakhir, MSG telah diinjeksikan pada tikus-tikus berumur tua untuk menghasilkan tikus-tikus obesitas yang siap digunakan dalam percobaan, misalnya penelitian diabetes.

MSG diduga sebagai tersangka utama melonjaknya kecenderungan obesitas dan diabetes akhir-akhir ini. MSG juga ditemukan dalam beberapa ingredien seperti Hydrolized Vegetable Protein dan Autolyzed Yeast Extract yang beredar pada produk-produk pangan di supermarket dan restoran.

Penggunaan MSG ini memang tak lepas dari kepentingan kapitalis industri pangan. Menurut Glutamate Association di Amerika Serikat, sederhana saja alasan penambahan MSG ini pada makanan : studi telah menunjukkan bahwa menambahkan MSG pada beberapa makanan tertentu, seperti sup atau kentang halus, mengakibatkan orang “ketagihan” dan dengan demikian meningkatkan jumlah konsumsinya terhadap makanan tersebut. Peningkatan konsumsi berarti peningkatan jumlah pembelian, dan keuntungan bagi perusahaan.

John Erb, penulis buku “The Slow Poisoning of America” percaya bahwa MSG dalam industri pangan tidak beda dengan nikotin. “Studi telah menunjukkan bahwa orang yang memakan makanan yang ditambahkan MSG akan mengonsumsi lebih banyak makanan tersebut, bahkan lebih cepat menghabiskannya daripada makanan yang tidak ditambahkan additif ini. Orang dewasa saja sudah banyak terjangkit hal ini, apalagi dengan anak-anak?

Glutamat adalah asam amino yang dapat merangsang hampir setiap organ tubuh, terutama otak. Glutamat secara alami terdapat dalam jumlah hanya sekian milligram pada beberapa produk pertanian. Namun kini, setiap orang dapat mengonsumsinya satu sendok setiap harinya.

“Pada studi dengan manusia, MSG secara langsung menstimulasi pankreas untuk bekerja tiga kali lebih keras dalam memproduksi insulin. Kadar insulin yang berlebihan dan tak wajar ini langsung beredar ke darah, mengikat gula dan mengubahnya menjadi lemak. Beberapa jam setelah Anda mengonsumsi MSG, kelebihan insulin (yang diakibatkan MSG) akan mengakibatkan pengurangan gula darah secara drastis sehingga mengakibatkan Anda merasa lelah, lemas, dan bahkan lapar lagi. Pada percobaan dengan hewan, kelebihan insulin ini mengakibatkan hiperinsulinemia : overproduksi insulin dalam waktu berkepanjangan. Pankreas menjadi hilang kendali sehingga tubuh memproduksi sel-sel T untuk mematikannya. Maka itu, herankah Anda bila diabetes, obesitas, dan cepat kehilangan stamina dapat menjangkit anak-anak muda kita dalam jumlah tinggi? Junk food, makanan yang diproses, bahkan makanan kafetaria kini beresiko tinggi menjadi racun karena tingginya kadar glutamat. Demikian John Erb melaporkan.

“Terlalu banyak glutamat dalam otak dapat menstimulasi berlebihan saraf-saraf di sana, mengakibatkan mereka mati. Banyak orang yang menderita sakit kepala kronis atau migrain kronis akibat mengonsumsi terlalu banyak MSG”. Apabila MSG dapat melakukan hal-hal tadi terhadap orang dewasa, lalu apa yang dapat diakibatkannya pada janin?

John Erb menyatakan hipotesisnya mengenai akibat terlalu banyak MSG pada janin ketika ia diundang untuk mengikuti Konferensi Defeat Autism Now di Washington DC. Ia melaporkan bahwa MSG dapat berdampak pada janin sebelum usia janin itu mencapai sebulan. Hal ini karena saat itu barrier plasenta belum terbentuk sempurna dan akhirnya embrio menerima seluruh zat kimia yang dikonsumsi ibunya melalui peredaran darah. Pada bulan pertama ini otak sedang terbentuk dan glutamat dapat memicunya menderita ADHD (hiperaktivitas) atau yang terburuk, autisme. Walau hal ini kemudian disepakati para ahli pada konferensi itu, namun masih sebatas hipotesis dan memerlukan studi lebih lanjut.

Anda dapat merujuk artikel sumber dari tulisan ini pada :

Proof MSG Causes Obesity. rense^com

Comments
  1. Ai fitri says:

    Jenis makanan apa saja yang mengandung msg?apa penyedap makanan juga mengandung msg?apa ada produk penyedap makanan yg tdk pke msg,soalny saya drmh selalu masak pke penyedap makanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s