Compiled by Theeas

Kita pastinya sudah pernah bahkan sering dihujani teori kalau “tinggi badan tidak bisa diganggu gugat setelah umur kita 20 tahun, apalagi kalo tingginya dari keturunan”. Namun kenyataannya, kita bisa menambah tinggi badan walaupun umur kita 23 tahun, bahkan 30 tahun. Rata-rata orang, tanpa memandang berapa tingginya sekarang, memiliki potensi untuk tumbuh 5 cm, 10 cm, hingga lebih. Anda pun dapat menambah tinggi badan, nggak peduli berapa usia Anda sekarang.

Hal ini karena ada bagian dari tulang belakang kita, yang disebut lempeng spinal, yang tidak akan pernah menyatu permanen satu sama lain bahkan setelah pubertas. Lempeng spinal ini bisa “ditarik” dan diperpanjang dengan beberapa gerakan senam dan olahraga sehingga menambah tinggi badan kita. Kolom spinal ini dapat menyumbang tinggi badan kita hingga 40 persennya dari total tinggi badan kita. Tanpa senam stretching yang rutin, lempeng spinal yang sangat berharga ini dapat kehilangan elastisitasnya dan menjadi kaku, hasilnya ya adalah “susah tinggi”😀.

Gerakan “tarik-tarikan” ini, alias stretching, akan dijelaskan kemudian. Tapi intinya, ada 3 basic utama yang harus dipenuhi sekaligus oleh siapapun yang ingin menambah tinggi badan :

Basic #1 : Hormon Pertumbuhan

Hormon pertumbuhan, atau Growth Hormone sangat penting untuk proses regenerasi sel. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar endokrin terutama tiroid, dialirkan ke darah dan ditujukan pada jaringan tertentu untuk menyokong pertumbuhannya. Di Barat, hormon pertumbuhan disuntik ke darah untuk menambah tinggi badan atau sebagai anti-aging. Setelah kita dewasa, hormon pertumbuhan akan diproduksi lebih sedikit daripada ketika kita masih masa kecil atau remaja. Itulah kenapa, kita “berhenti tumbuh” setelah melewati kedua fase ini.

Tidur 8 jam dengan nyenyak adalah cara utama mengoptimalkan hormon pertumbuhan. Pada 2 – 3 jam pertama kita tidur nyenyak, saat itulah tubuh gencar-gencarnya memproduksi hormon pertumbuhan. Selain itu, selama tidur diusahakan tidur dengan terlentang (tidak menekuk tubuh). Olahraga intensitas sedang (lari sprint, bersepeda) juga adalah cara lain mengoptimalkan hormon pertumbuhan. Namun ada caution-nya : jangan makan atau minuman bergula tinggi segera setelah olahraga, karena akan malah memblokade hormon pertumbuhan (nanti dijelaskan).

Ada cara lain yang cukup unik untuk memicu produksi hormon ini : yakni memijat jempol tangan (bagian sidik jarinya). Ini adalah pijat refleksi—karena bagian ini langsung terhubung pada endokrin.

.

Basic #2 : Nutrisi

Tahukah kenapa orang Asia kebanyakan pendek sedangkan orang Barat tinggi-tinggi? Salah satu sebabnya adalah DNA, dan itu tidak bisa diubah. Tapi salah duanya, karena faktor diet. Orang Barat bisa tinggi karena banyak makan sumber protein, seperti daging, susu, telur, dan tidak banyak karbohidrat. Di Eropa, Montenegro adalah penduduk dengan tinggi badan terbesar. Rata-rata wanita Montenegro berukuran 180 cm sedangkan prianya 190 cm. Memang mencengangkan, hampir 2 meter (tapi nggak bisa mengalahkan tinggi Nabi Musa yang konon 3,5 meter😀 ). Dan rahasianya? Montenegro banyak mengonsumsi yoghurt!!!

Orang Asia makan banyak sekali karbohidrat. Nasi, ubi, singkong, jagung adalah makanan pokok kebanyakan orang Asia. Karbohidrat sederhana pada keempat makanan itu, terutama nasi, akan cepat diubah menjadi gula dalam darah. Ketika kadar gula darah naik, kadar insulin pun akan meningkat. Kadar insulin yang tinggi akan menghalangi kinerja hormon pertumbuhan. Itulah kenapa kebanyakan orang Asia pendek.

Apabila Anda ingin menambah tinggi badan, kadar protein harus lebih diperbanyak daripada karbohidrat. Protein akan menjaga kadar insulin dalam darah tetap rendah. Perbanyak makan daging, susu, telur. Bila Anda ingin karbohidrat, usahakan karbohidrat kompleks yang tidak cepat menaikkan kadar gula darah, seperti beras merah. Sebaiknya Anda fokus melakukan diet ketosis atau diet Atkins, khusus untuk menambah tinggi badan, setidaknya 1 – 2 minggu. (Diet ketosis atau Atkins = diet tinggi protein dan rendah karbohidrat).

Sebagai sampingan, Anda harus menjauhi zat-zat inhibitor kalsium, yaitu garam, alkohol, dan juga harus menjauhi rokok. Diusahakan juga mengurangi konsumsi MSG karena MSG secara tidak langsung memicu kinerja insulin tinggi.

.

Basic #3 : Stretching

Nah, sekarang kita telah memasuki tahap yang paling penting dari semua : yaitu olahraga. Olahraga yang diperlukan untuk menambah tinggi badan adalah gerakan berbasis “stretching”. Kalau Anda ingin menambah tinggi, di Indonesia sudah tersedia banyak alat bantu olahraga untuk “menarik-narik” ini. Anda bisa ke tempat fitness untuk menggunakannya. Olahraga seperti menendang, lari (bukan jogging), berenang, lompat tali, dan bersepeda dapat menambah tinggi badan. Bersepeda dengan sadel tinggi sejauh 18 mil setiap hari dapat meningkatkan panjang tulang belakang sebanyak 2,5 cm setiap 2 minggu.

Berat juga, sih. Tapi jangan cemas, karena beberapa senam sederhana yang berbasis stretching ini dapat dilakukan dengan mudah, gratis, dan tidak menghabiskan tempat. Walau kediaman Anda terbilang RSSSSSSSS (Rumah-Sangat-Sederhana-Sekali-Sampe-Sampe-Selonjoran-Saja-Susah)😀 Apalagi kalo Anda merasa mahasiswa kos-kosan seperti saya yang kamarnya mepet gila dan uang saku mending buat beli nasi bungkus dan ngenet (daripada nge-gym), gerakan ini sangat murah-meriah tapi berkhasiat.

Sayangnya, saya ngga sempet, temen-temen pembaca, untuk memuat gerakan stretching di halaman blog ini…tapi saya punya solusi. Kebetulan, di suatu situs, ada ebook gratisan tentang 30+ gerakan senam yang bisa menambah tinggi badan. Bila Anda ingin mendownloadnya di ini :

Ebook Gratisan 30+ Gerakan Senam Sederhana untuk Menambah Tinggi Badan

Anda hanya harus mengklik file .zip di sana (increase_your_height.zip) lalu save file dan jreng-jreeeng…..ebook ini jadi milik Anda mutlak. Saran saya, cepatlah download selagi bisa. Ebook ini aslinya dijual seharga 75 – 175 Dolar!!! Saya nggak bercanda! Tapi di situs ini gratis 100%, Anda nggak perlu keluar duit sesenpun untuk beli ebook ini. Karena itu, buruan download sebelum nanti diremove ama websitenya!!😮

Selamat ninggiin badaann!!!

Comments
  1. Benny Efendi says:

    thank’s 4 all your kind hearted

  2. Ya makasih mas atas gratisannya…

    bagus kok anda dapat pahala..
    he he he………

    Oh iya kalo mau lengkapnya silahkan ke blog saya

  3. rio says:

    thx atas infonya,,,,,, saya pengen nembus 175cm..hehe

  4. fauzi says:

    mksi atas infonya….., ebook gratisan tu da yg bahasa indo nya g’
    …..???

  5. ryogi says:

    thQ ya bwat ebookx, hehehehe. kpengen tmbh tinggi niyyy
    Gbu

  6. nevy says:

    moga dg Cara NiE saYa bisA meninggikan badan,mkaZih rahaSia Y,,,,saya akaN coBa.

  7. arif kun says:

    Makasih banyak y atas informasinya,,mudah2an blog ini bisa bermanfaat bagi semuanya yang membaca… Sekali lagi terima kasih sudah mau bagi2 tips caranya,,^_^

  8. Reiha says:

    Alhamduliah . . . .
    saya menemukan artikel anda.
    terimakasih banyak.
    saya akan mencoba nya. semoga saya berhasil. do’a kan ya . . .:)

  9. putra says:

    smoga blog ini mndapt berkah dr yg maha kuasa

  10. Tyra says:

    maksiiiiii buanyakk….. saya akn berusaha

  11. Luga says:

    thx byk2..
    smbil praktek dan belajar inggris juga nih..hehe

  12. dewi says:

    duh, minta dikirim donk e-booknya k email aq.
    udah gbs masuk tu k web itu.
    thanx….

  13. theeas (admin) says:

    masih bisa kok masuk ke websitenya,,,,
    koneksi internetnya kali?🙂

  14. nina says:

    bagus bgt… makasih ya..
    udah cari2 e-book kayak gini, tp gak da yg gratis
    two thumbs up deh!😀

  15. Vivi says:

    Alhamdulillah…
    Akhirnya aku menemukan artikel ini….
    semoga saja tinggi badan ku nambah…
    Makasih ya,, tuk infonya…
    semoga dirimu bahagia selalu….

  16. Benny Effendi says:

    sejak temukan pertama kali, saat ini ku udah tambah sktr 6 mm. trim’s ya?

  17. Diwani Zena says:

    thanks bgt bros..
    I have to be tall!!!

  18. fendi says:

    teman2 tolong kirim Ebook nya ke email ku, karna pas aku download, ada masalah gak jelas.. please ya teman2 dikirim ke emailku, fendi.silalahi@gmail.com

  19. jackyo says:

    thanks aja wat srnnya

  20. haviz says:

    maksih banyak buat ebooknya, sudah sekian lama nyari ebook akhirnya ada yg gratis, makasih yaaa

  21. Ara says:

    makasih lagii…

  22. thanks y bro saran mu akan aku gunakan sebaik mungkin. coz saya sangat maniak dengan tinggi badan.

  23. woyu says:

    hay all, that e-book is freeware you can enjoy download it, don’t afraid the writer will be block that e-book for pay of future.
    and i want to say very thanks for this info of writer, it’s very help me and us.

  24. noven says:

    thanks deh guys…………………

  25. Randy says:

    谢谢你! Gw emang mau nambahin lagi nih!

  26. zha says:

    makasih yagh…

  27. nafisah says:

    salamz ,,mau tanya niyy,,ada yang tau nggak smpe usia brapa sih,,efektifitas penambahan tinggi badan,,trus klo mw memperbesar payudara lewat akupuntur ada gk ci,,,tks before n after

  28. riyan says:

    wah.. makasi sekali yaa udah mau berbagi bro … 😀

  29. Randy says:

    thanks for sharing this!!!! mau ninggiin lagi nih…🙂

  30. pariz says:

    matur nuwun,,,,,,,

  31. sherly says:

    Ada juga herbal buat ninggin badan.Jadi kalo yang ga bisa cukupin nutrisi yang dibutuhkan tubuh,silahkan coba GROW UP,herbal alami bikin tinggi jadi lbh max.Sebulan udah keliatan aslinyaaa!!
    sms aja ke 085 796 715 677.

  32. Black says:

    keren nih artikel nya…….

  33. ayu says:

    wah kok ga ada ya ebooknya?? huhu minta tolong dikirim i e-mailku yaa , pleasee :))

  34. yadi says:

    bro bahasanya ko inggris w gak ngerti…..bisa di traslate ga?

  35. welly says:

    translate ajah bro di google translater…

  36. ava666 says:

    thx thx thx…its very usefull…

  37. tiuw queeni says:

    waduuuuh ,, q kok g bisa buka ebook x yah??

    Wat tmen” bantu saya yah , toLoong banget krimin k eMaiL q ja yaaah

    :]]

    tiwi_queeni@yahoo.com
    Ato lewat pesan d FB `tiuw queeni`

    Makasii :]]

  38. adam says:

    terimakasih banyak😀

  39. neo9 says:

    Wah…bagus skali infonya..hehe

  40. wella says:

    makasii bange yaaa e-booknyaa..
    GBU..

  41. novantoni says:

    smoga mendapat pahala yg berlimpah karena ilmu manfaat anda

  42. dnntyy says:

    kog ebooknya english sih?
    ada gg versi bhs. indonesia?

  43. boss d says:

    terima kasih banyak

  44. Karsa says:

    Trims, bwt infonya bang. Semoga dapat pahala yang berlimpah. Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiin.

  45. diajeng ayu says:

    KALO KARENA FAKTOR KETURUNAN APA EMANG BISA? (PUTUS ASA CUMAN 157CM)😦

  46. Shin Rae says:

    thanks buat infonya,,,,,,

  47. ritz says:

    uda g bisa d download😦

    gan,ada yg puna g??

    tlg krim k email saia thx bfore…

    hariez_imoetz@yahoo.co.id

  48. amal erny says:

    kalo bersepeda 18 mil/hari selama 2 minggu tulang belakang bisa nambah 2,5 cm.
    kalo latihan itu di lanjutin terus,apakah bisa dapat kelipatan tinggi?

    misal: kan kalo latihan 2 minggu bisa nambah 2,5 cm.
    kalo latihan 4 minggu(1 bulan),apakah bisa nambah kurang lebih 5 cm?
    tolong di balas secepatnya di alamat e-mailku ya?………please….
    makasih

  49. kimdump says:

    informasi yang sangat membantu..
    karena saya tinggi badannya kurang.hehe, akan saya coba dech…

  50. sisca says:

    thanx bgt ya infonya….. ^^

  51. Roy says:

    Teman Tolong bantu aku donk..,
    E-booknya udah di Download tapi kgk bisa di buka

    kirim di E-mail ku aje di tunggu ya Tks

    Chobislunc@ymail.com

  52. Arhy Van Ghokyeld says:

    thx bro…….
    mga blogx mkin mantabbbbbbbbb

  53. prust says:

    bagus banget infonya.
    bIsa menolong orang yang pendek-pendek seperti kami ini.
    Jika ada info lebih lanjut, di posting ya bRoo….

  54. tonie says:

    matur suwun ya

  55. aduh piz says:

    salam baca!, Q ikut nyedot boleh ya?!! makasih matur suwun, arigato, tenkyu !@##@$%@#$@#$. . . . . .

  56. Brew says:

    Tlg bantu ke email aq ya kk yg baek..
    Exfatboy38@yahoo.co.id
    Thx 4 ur kindess..

  57. Zakariya says:

    Assalamualaikum….saya sudah coba download e-booknya tapi filenya corrupt, tolong teman2 yang udah dapet kirimin e-booknya ke :
    zabdillah354@gmail.com
    nanti saya akan kasih e-book yang lebih bagus yaitu cara menjadi milyarder lewat internet… thanks for all

  58. Viand says:

    Tlg kirimkan jg kealamat email saya dav14nd@gmail.com semoga allah membalas kebaikan anda berkali2 lipat…amin”

  59. restee says:

    thx bwt infonya…

    tapi ebook nya uda gbsa d download,, buat yg uda punya tolong dikirimin k email aku dnk, roseeta@rocketmail.com
    plissssss,,, tolongin,, ditunggu yak..
    makasih

  60. LALU says:

    waduuhh ebooknya pake bahasa inggris gimana mau ngerti neeh

  61. rastiti says:

    makasi banyak kak…
    ini bener”berguna buat saya…

  62. Usi says:

    22 thun msih gak

  63. Susi says:

    22 thun msih bisa gak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s