By : TheeAs

prurigoNTnuevaBeberapa dari kita mungkin pernah digigit nyamuk, lalu sembuh dengan sendirinya namun meninggalkan bekas di kulit. Bekas ini mengalami hiperpigmentasi sehingga berwarna lebih gelap dari kulit sekelilingnya dan terlihat seperti noda. Bekas hitam ini biasanya dialami oleh orang-orang dengan pigmen berlebih, seperti orang berkulit hitam atau sawo matang—walau tak menutup kemungkinan orang berkulit terang mengalaminya. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bekas-bekas hitam ini, atau setidaknya menyamarkan:

1. Jus lemon
Cairan lemon adalah pemutih alami. Caranya, perasan lemon atau jus lemon diteteskan ke bekas hitam luka atau bekas gigitan nyamuk. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas air hangat. Ulangi proses 2 – 3 kali sehari agar hasil optimal. Biasanya hasil terlihat selama 2 minggu. Jangan biarkan cairan lemon di kulit lebih 15 menit karena cairan ini sangat asam, dan dapat membuat kulit iritasi atau terbakar. Namun biasanya proses ini cukup efektif dan banyak menolong, termasuk untuk bekas yang telah mendekam di kulit bertahun-tahun.
Jus lemon ini dapat juga digunakan untuk menghilangkan bekas hitam-hitam dari jerawat di muka. Caranya, jus lemon dicampur dengan jus mentimun , lalu dioleskan ke bagian hitam-hitam bekas jerawat selama 10-15 menit, kemudian dibilas dengan air hangat. Lakukan rutin tiap malam, hingga bekas noda jerawat lenyap atau tersamarkan.

2. Minyak Vitamin E
Gosokkan minyak vitamin E ke kulit yang ada bintik hitamnya. Lakukan malam hari sebelum tidur dan cuci dengan air keesokan hari. Lakukan rutin hingga bekas menghilang. Minyak vitamin E dapat diperoleh dari kapsul vitamin E, yang lalu dikupas dan dibelah. Menurut banyak testimoni, proses ini sangat efektif seperti jus lemon dan banyak menolong menyamarkan bintik hitam bekas gigitan nyamuk. Namun perlu diperhatikan, bahwa menurut penelitian, vitamin E tidak efektif mengatasi luka parut yang berat.

Untuk hasil yang paling efektif, usahakan dosis Vitamin E yang digunakan paling kecil 500 i.u. Lebih besar dosisnya lebih baik, seperti 15000 i.u. Tapi dosis tinggi ini biasanya tidak terlalu murah. Dosis 15000 i.u. yang digunakan pada kulit akan memberi hasil yang terlihat dalam beberapa hari. Untuk dosis 500 i.u atau kurang, bisa digunakan bersama jeruk lemon untuk hasil optimal.

3. Lidah buaya
Bersyukurlah bila di halaman rumah Anda ada tanaman lidah buaya. Gosokkan gel lidah buaya ke kulit yang mengalami bekas hitam gigitan nyamuk, lalu diamkan selama mungkin (hingga 8 jam). Selama selang 8 jam itu, ulangi perlakuan bila diperlukan. Tak hanya bekas nyamuk, bekas luka yang menghitam di kulit dan pun dapat diatasi sangat efektif dengan lidah buaya, terutama bila dilakukan secara rutin.

4. Minyak Lavender
Minyak lavender tak hanya untuk relaksasi. Oleskan minyak lavender ke bekas hitam gigitan nyamuk dan biarkan hingga 15 – 20 menit lalu bilas air. Lakukan 2 – 3 kali per hari sesuai keperluan.

5. Shea Butter
Shea butter adalah cairan dari buah Shea dari Afrika—namun tenang saja, shea butter telah cukup banyak beredar di Indonesia baik dalam campuran produk-produk kecantikan atau bentuk murni. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa shea butter dapat mengurangi 30% melanin pada kulit yang mengalami bintik hitam (ezine.com). Banyak testimoni menyatakan keberhasilan shea butter menyamarkan sampai melenyapkan bintik hitam kulit baik disebabkan oleh gigitan nyamuk, luka, atau bekas cacar/chicken pox.

6. Bengkoang
Bengkoang memiliki efek alami dapat menghilangkan bintik hitam kulit. Haluskan bengkoang lalu usapkan pada bekas gigitan nyamuk, biarkan selama mungkin di kulit.

7. Jus kentang
Kentang memiliki efek pemutih alami. Buatlah jus kentang lalu usapkan pada bekas gigitan nyamuk, biarkan selama mungkin di kulit.

8. Teh hijau
Teh hijau dipercaya memiliki efek dapat menghilangkan noda-noda hitam di kulit. Walau belum ada penelitian yang membuktikan, tak ada salahnya dicoba. Seduh teh hijau dengan air hangat, biarkan 5-10 menit hingga polifenolnya benar-benar larut, kemudian usapkan ke bintik hitam kulit. Tapi perlu dicatat, gunakan teh hijau seduh yang asli yang TIDAK menggunakan gula dan pengawet, karena keduanya dapat mengurangi khasiat dari teh hijau.

9. Lobak
Potong-potong lobak sekecil mungkin, lalu rendam dalam susu selama setengah jam. Lobak yang telah direndam lalu diusapkan ke bekas hitam gigitan nyamuk kulit.

10. Kulit pisang atau semangka
Setelah makan pisang jangan buang kulitnya, usapkan ke bekas hitam gigitan nyamuk. Demikian pula dengan semangka. Setelah makan semangka, sisa berupa lapisan luarnya yang keras diusapkan ke bekas hitam gigitan nyamuk, lalu bilas dengan air dingin.

11. Salep kortikosteroid
Beberapa salep kortikosteroid harus dibeli dengan resep dokter, tapi ada juga yang tidak. Salep LocasalenTM misalnya, dapat dibeli bebas di apotek untuk menghilangkan bekas hitam gigitan nyamuk .

Tips tambahan yang perlu dilakukan :
• Jangan biarkan kulit berpanas-panas di bawah matahari tanpa perlindungan, karena matahari membuat melanin lebih banyak berproduksi dan memperparah noda hitam kulit. Gunakan sunblock atau setidaknya gunakan baju berlengan panjang
• Sebaiknya lakukan exfoliasi atau scrub pada kulit seminggu sekali untuk merangsang pembentukan sel kulit baru dan menghilangkan sel-sel mati. Cara murah exfoliasi : masak air hingga mendidih, tuang ke wadah, lalu kulit kita yang bermasalah dipaparkan pada asap yang dihasilkan dari air mendidih itu selama sekitar 15 – 20 menit.
• Olahraga minimal seminggu sekali juga dapat mempercepat regenerasi kulit untuk ini.

Sumber : forum^blackhairmedia^com

Tolong bantu kami dengan mengirim saran, kritik, atau request artikel…bisa melalui comment di sini atau e-mail ke satanic_diva_666@yahoo.com …apapun bantuannya, terimakasih….

Comments
  1. Helen says:

    wah, thx bgt ni..aku jg byk bgt bekas gigitan nyamuk..ud ke dokter ga ad yg memuaskan..trims ya..

  2. ariex_pks says:

    ini sangat berguna sekali apalagi tanpa bahan kimia, dan bahan2nya mudah didapat….thx’s banget moga2 bermanfaat buat kita smoa…amien.

  3. ray says:

    thx atas infox y…q br mau mencoba en mdh2n bs menghilangkan bkas gi2tan nyamuk yg bersarang ditubuhku.

  4. ririn says:

    Kalo pake salep LocasalenTM itu berbahaya ga? Khasiat dari salep itu lbh cepat dari bahan alami ga?

  5. aku belum pernah pake Locasalen,,,sejauh ini cuman pake lemon+vit.E dan itu hasilnya lumayan cepet kok. Kmaren survey ke apotek locasalen tu harganya Rp 70rb/salep. pake lemon ama vit.E cuman habis 15rb tapi ngefek….trus kadang dikombinasiin ama lidah buaya lumayanan hasilnya.

  6. ririn says:

    Kalo vit E itu biasanya dijual dalam bentuk kapsul apa udah berbentuk minyak vit E? Kalo misalnya dalam bentuk kapsul, jadi untuk mendapatkan minyaknya apa dgn cara dibuka kapsulnya lalu bagian serbuknya diberi air?

  7. ARA says:

    Tolong aku donk… kulit ku sensi banget ni,sdkit digi2t atau gatel lgsg menjadi luka dan lm smbuhnya trus hitam pula,gmn ya cr buat aku biar g’mudah gatel2,ema aceh

  8. jesca says:

    Nice info. Thx.

  9. pxpoenya says:

    thx vvo info.na.. ni sangatd brguna buatd saya yg mengalami.na… Malu khn.Dh gedhe msa kulite kyk macan tu2l… CAYO0O..

  10. pxpoenya says:

    mao tanya.. ini suatu penyakit apa bukan? ini kan udah ada cara ngilangin bekasnya,ntar kalo udah hilang bisa kambuh lg ga?

  11. Tie says:

    saya mau tanya kalau udah pake itu cara tapi masih tetep aja gitu bagaimana..??

  12. andri says:

    AKHIRNYA HILANG PENDERITAANKU SELAMA 10 TAHUN INI !!!

    MASUK SURGA YANG BIKIN INI THREAD

    sorry bersemangat , hhe

  13. YUYUN says:

    tank’s u/ infonya ya, aq jg mo coba…moga berhasil…

  14. rita says:

    mau tanya,,,pipi mama aku tuh ada flek hitam yg ud ada dr mama aku msh muda (usia mama ku skrg 57),,,flek hitam nya tuh bnyk di kdua pipi nya jd tiap hr mama ku sll pke cover foundation utk nutupin flek itu krn consaler gk cukup utk nyamarin flek hitam itu,,,aku mau tanya donk kira2 gmn ya ngilangin nya??soal nya dr dl ud priksa ke brbagai dokter tp jwbn nya dsuruh operasi kulit pke kulit dr bagian tubuh sndiri,,,tlg info nya ya,,,makasih

  15. dian says:

    salep locasalen TM tu kalau buat luka kenalpot juga bisa gk ?

    gmna cara nya supaya cpt sembh nya dan kra2 bth wktu brp lma ya untk nyembhin nya !

    apa beda nya salep locasalen sma salep kortikosteroid ?
    cpt yang mna ?

    gitu ja makasih ya !!!!!!😀

  16. anggita says:

    aku malu dengan kulit aku ini ….

    aku pengen kulit aku hilang dari bekas gigitan nyamuk , yng bkin hitam banyak di kaki dan tangan aku ….
    dah beribu kali k dokter , tpi hasil nya sama sajah …
    aku hrus bgaimn ???

  17. puteri says:

    SALEP LOCASALEN BISA BUAT BEKAS LUKA YANG MENGHITAM PADA WAJAH GAK YA???
    TOLONG PLIZZ………. ;(

  18. puteri says:

    SELAMA INI AKU CUMA PAKE KRIM PEMUTIH AJA, TAPI NIHIL…..
    MALU JUGA PUNYA TOMPEL AKIBAT LUKA
    THANKS YAAA…………..

  19. Kriz krisna says:

    Locasalen tm Sama ga khasiatnya sm salep Bioplacenton?? Sdkt saran neh, Pake lotion Nivea cream jg cpt ilang seh tp yg cream ya jgn yg dibotolan.

  20. Fervie says:

    Thx bgd info.a , , , akuu dah coba ke spesialis kulit v nihil juga hasil.a , , , , akuu mo coba pke yg lidah buaya z.

  21. Elen says:

    Thnks bgt utk infox. .
    Lw mkek ldah buaya tu kra2 brp lma y bru ilangx ?

  22. nabila says:

    tolong aku donk..
    beberapa bulan ini d kakiku ada bintik2 hitam gara gara gigitan nyamuk..
    cara yang cepat buat menghilangkannya memakai apa ya ?

  23. cahya says:

    oea, wad andri eang dah brhsil mncba, kammu nyoba pke eang cra aph ? ? n i2 brp lama ilgna ? ? tx bgd

  24. tari says:

    yus gea mn klo masi gx mempan…,ada gx cra ilangin noda bekas luka/koreng dlam waktu 1 mingu

  25. mey says:

    gajian beli salep locasalen ah,, harganya lumayan mahal, tapi daripada ditinggal pacar gara2 noda item hehe,,, buat temen2 yang lain moga sembuh jg ya, harus semangat. nti aku kasih kabar hasil q deh

  26. KikiDeWee says:

    ada cara cepat ga bwt ngilangin bekas luka lama/gigitan nyamuk????please help me…

  27. cahya says:

    klo mw, adh dkter eang bner2 mnjur djkt adh suntik bkas luka, smlm ilangg, per suntikan ato per bekas hrgana 35rbu. .tp klo eang lka prah, bysana btuh b’kali2 suntikan. .

  28. ringgi says:

    Apa nama dokter nya trus alamat nya dmn?

  29. sieni says:

    Kalo instant yg pake laser,ada yg udah pernah coba apa belum??

  30. viar says:

    sorry sist cahya… boleh minta alamat dokternya ga dmn.. pliss infonya
    ditunggu yah pengen bgt neh… tenkyu

  31. herina says:

    bagus banget artikelnya, saya udah ke dokter dr yang paling murah sampe yang paling mahal, tetep aja kaki banyak bentol2 gigitan nyamuk..
    kata dokternya kulit saya sensitif, jd ada luka sedikit hilangnya lama. tp makin lama makin parah, malah kena debu dikit aja langsung gatel2 dan merah2 trus jd tanda hitam2 di kaki..
    malu kaya borokan..
    mau coba tipsnya.. mudah2an berhasil.. thank u yang udah kasih tips…

  32. anggi says:

    bekas gigitan nyamuk si badan parah banget! dikaki tinggal bekas tapi di kedua tangan, pinggul sampe muka banyak bruntusan kecil2 gitu.. mana kulitku putih jadi minder karna terlihat jelas. berankan ini tips ini efektif?

  33. Lyans says:

    Mau coba juga dech..mudah2an hasilnya memuaskan…

  34. shinta says:

    TQ infonya mudh2an manjur…, mau dicoba dech !!!!!!!

  35. santy .. says:

    ad yg udah berhasil g ????

  36. tasha says:

    Numpang tanya, locasalen dipakai di kulit yang baru digigit nyamuk atau di kulit yang ada bekas hitam gigitan nyamuknya?
    Thx

  37. kentut goreng says:

    hayo yang kakinya banyak gocapan segera dicoba tipsnya,, tipsnya bagus kog!! ada satu lagi cara yang instan banged..dicat aja kakinya pake cat kayu, beres dah istant pula…

    ~ thanks buat yg ngeblog

  38. Eni says:

    Thx ya infonya……. :))

    aku lagi nyoba pake lidah buaya…..

  39. rhanie says:

    ne bneran ea ? kulit aku dari kecil sensi bgt . banyak bekas gigitan nyamuk ..
    klo biar pipi g merah klo kepanasan gmn ea?

  40. catha says:

    eh…. Mo tny nhi
    -klo yg pke lemon thu buat nyamarin bekas hitam2 ato ngilangin?
    -klo yg pke lidah buaya tuh lendirnya kan?tuh nyamarin ato ngilangin bekas luka?brp lama bekas hitam2 thu ilank klo ma lidah buaya…..
    THX y info na ^ ^v

  41. catha says:

    koq gw pernah denger2 pke obat bersih darah bisa ngilangin bekas hitam2 yg dikulit,thu bnr g sih??? =.=”???

  42. catha says:

    Klo pke lidah buaya wajib smpe 8 jam y?

  43. rely says:

    waaah makasi bgt ya infonya..
    ada yang udah nyobain belum ya?trus hasilnya nyata ga?
    hhhehehehh boleh dicoba ni🙂

  44. Evy says:

    Gw mO tnya anak gw umur 4bln,dia tiap x digi2t nyamuk pasti bekasnya item,dah pke minyak tawon tetep ja,kira2 yg paling aman bwt anak seumur dia apa ya?thks

  45. theeas says:

    @catcha : lidah buaya tu kalo dari pengalaman sih emang bagusnya 5-8 jaman gitu,,,,gak wajib sih, tapi mending tiap mau kering si lendir lidah buayanya ya ganti lagi dah. lemon bisa nyamarin+ilangin, tapi terghantung intensitas item2 lukanya
    @eva : anak kecil tu sel2 kulitnya cepat berganti jadi ngga usah cemas, bekas item2 di anak kecil biasanya ngga akan permanen

  46. ciyee says:

    makasiii banget infonya..
    ud desperate ama kulit aku ni.. emg sensi bgt ud gitu ada bawaan penyakit gula pula. tiap luka ato digigit serangga pasti akhirnya item.
    -segera mencoba gan.
    makasiii skali lg.

  47. Marissa Cinta says:

    Sama donk tmn2,….
    Gw ud 10 thn lbih dari SD ud kyk gni,..
    Kdang lg sm2 ngumpul,yg laen ga diggit,eh gw malah diggit,… bekasny,… setaon blum tentu ilang,… Ud pake krim sampe ratusan ribu,ga juga ilang,.. Sampe skarang gw ga brani pake clana pendek,sedih bgt gw,… hick,… Tp ntar gw coba yach,…
    Oya,jeruk nipis sama kan dgn lemon?

  48. Marissa Cinta says:

    Seandainy aj bekas2 ini bisa ilang,duh,… gw pasti senang bgt,… pengen pake clana pendek kuk yg laen,… hehehehehe,….

  49. bebyy says:

    akhir’a dpt jg tips bwad ngilangin bks hitaam d kuliit…
    mideer saiia krna kaki saiia bnyk bks gigitan nymuk…
    makasii… yg udah pd berhasiil,, bg comment’a jg yaa..

  50. lia one love says:

    puji Tuhan….. akhr nya dpt tips ntuk hlangin bekas hitam d kulit!!!!
    thx God ……

  51. prita says:

    thanx buat info nya….
    sebenarnya sich saya udah lama tau mengenai tips ini,,tapi karena saya tidak terlalu memperhatikan cara pemakaian akhirnya gak maksimal…
    karena ingin cepat berhasil,terkadang saya melebihi dari aturan yang dianjurkan…

    semoga dengan tips ini jadi banyak orang yang memiliki kulit mulus ya…
    thank you…

  52. terima kasih infonya,saya juga sedang buat situs tentag tips
    tapi tentang kesehatan dan kecantikan kulit

  53. magdalena says:

    Saya juga lagi pusing nich… cara u/ menghilangkan bekas gigitan nyamuk gmn ya??

    saya sudah tanya ke mana tapi hasilnya NIHIL

    Saya jg mau coba ah resep dari kamu…thanks ya

  54. caca says:

    ada cara yang paling cepat ga,, kalo di dokter kira2 prawatan apa ya

  55. nessa says:

    kalo bekasnya udh 10thn’n, apa masih bisa hilang dgn lemon ?

    tolong infonya ke tututmulya@yahoo.com

  56. Gelar says:

    thanks infonya,
    tipsnya belum di coba sih..tapi info ini sangat membantu.
    anak saya kulitnya sensitif, banyak bekas gigitan nyamuk dikaki dan wajah. sempet dibawa ke dokter, tapi lama kelamaan kasian juga karena terus-terusan dikasih obat, tapi ga sembuh juga. mudah-mudahan dengan ikutin tipsnya, dapat sembuh.

  57. litha says:

    mau tanya, kira” beli minyak vitamin e dimana ya??

  58. lisa baker says:

    moga moga brhasil ya kk????aku mau coba

  59. Mia says:

    Wah . . . Prah baedz ne, gw 20 th msa kna ca2r air. Salh’y gw ga sbr pgen cpet smbh, l0nd krg gw klupasin. Wah skrg pd jd n0da item ne. Gmn ea ? Malu abiez . . Tlg d0nk, ksh solusi’y. Thankz .

  60. Azqa says:

    Kalo salep locasalen nyembuhinnya berapa minggu se.. ?
    biar bintik itemnya ilang …

  61. Nurma gemini says:

    Q jga pux problem ttg bekas luka yaitu krn gigitan nyamuk N krn luka lama membekas..jika ada yang mengalaminya d coba ja resepx mdh2an brguna,trmzk dri q $ndiri..trtma bgi cw2 yg pngen cntik.
    N q da 1 resep yaitu dgn m’ggunakn bawang putih d kupas n d gosok pd bkas luka qm..mdh2n brmnfaat ych..

  62. Vinz says:

    saya sebel .. kadang2,, mempunyai kulit seerti inii…
    udeh mencoba make hand body lotion,,,
    engga ngaruh juga. saya jadi merasa minder kalo di suruh memakai celana pendek,
    saya mo coba cara ini ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s