MINUM TEH BISA CEGAH DAN BANTU OBATI STROKE

Posted: 2 February 2009 in Health
Tags: , , , ,

By : TheeAs
Stroke masih merupakan pembunuh no.3 di AS. Di negara itu saja, ada lebih dari 700.000 kasus stroke per tahunnya, dengan angka kematian di atas 160.000 dan menelan biaya medis sebanyak US$ 54 milyar dolar. Penyakit stroke juga tak kalah menakutkan di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Menurut American Heart Association (2006), pencegahan masih merupakan langkah terbaik untuk mengurangi stroke.
Salah satu alternatif yang dapat ditempuh dalam mencegah stroke adalah minum teh. Baik teh hijau maupun teh hitam dapat mencegah stroke dengan baik. Setelah membaca penelitian-penelitian di bawah ini, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk memasukkan kebiasaan minum teh dalam gaya hidup Anda.

1. Studi pada 400.000 orang usia paruh baya di Jepang menunjukkan bahwa resiko stroke lebih rendah 40 – 60% pada mereka yang minum lebih dari 5 cup teh hijau sehari (Kuriyama, 2006)
2. Studi pada 14.000 orang dewasa di Cina menunjukkan bahwa resiko stroke lebih rendah 75% pada mereka yang minum teh hitam per hari, 65% pada mereka yang minum teh hijau per hari, dan hanya 25% pada mereka yang minum teh melati per hari. Makin banyak porsi minum teh per hari, makin rendah resiko stroke (Chen, 2004)
3. Studi pada 6.000 wanita paruh baya di Jepang menunjukkan penurunan resiko stroke sebanyak 50% pada kelompok yang minum teh hijau di atas 5 cup per hari, prosentase ini lebih banyak dari kelompok yang minum teh hijau di bawah 5 cup per hari (Sato, 1989)
4. Studi pada 552 orang pria Belanda yang dilakukan selama 15 tahun menunjukkan adanya penurunan resiko stroke hingga 70% pada kelompok yang minum teh hitam lebih dari 5 cup per hari, prosentase ini lebih banyak dari kelompok yang minum teh hitam di bawah 3 cup per hari (Keli, 1996)
5. Bahkan ada harapan bahwa teh hijau dapat membantu mengobati stroke. Pada sebuah studi hewan, ekstrak teh hijau dan EGCG (antioksidan yang hanya ada pada teh hijau) dapat menurunkan ukuran wilayah stroke hingga 80% dan mengurangi jumlah sel otak yang mati hingga 50%.
Sumber : green-tea-health-news^com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s