PERJUANGAN MENCARI ALBUM TERBARU ENYA….

Posted: 4 February 2009 in Off-Topic
Tags: , ,

It’s really an off-topic writing. You can continue reading it if you like it, or leave it if you don’t. And it has nothing to do with health, beauty, or Islamic science. It’s pure hobbie…;-)

Sekedar keterangan, Enya adalah nama penyanyi, pianis, instrumentalis, dan pencipta lagu asal Irlandia yang sudah 20 tahunan melanglangbuana di dunia musik, terutama genre New Age Celtic. Enya tak terlalu dikenal di Indonesia karena—kalau menurut keterangan banyak temen—lagunya terlalu kelam dan terlalu aneh (walau tak seeksentrik Bjork) untuk telinga orang Indonesia.

Bahkan beberapa teman kuliah dengan terang-terangan pernah nanya “ih kok kamu suka sih sama lagunya Enya, ‘kan lagunya kayak manggil setan gitu…Udah gitu suara Enya tu kayak hantu, serem tau…”. Tapi di benua Barat sana, Enya adalah salah satu diva yang diakui karena dia artis New Age yang berhasil menembus mainstream tanpa meninggalkan keaslian musiknya yang other-worldly itu dan bersaing di chart dengan punggowo-punggowo pop kayak Madonna, Cher, dan Mariah Carey hingga kini…hal yang jarang dicapai artis New Age lain. Enya dikenal di Indonesia lewat lagu “Book of Days” (soundtrack Far and Away, 1992), “Only Time” (tahun 2001), dan “May It Be” (Soundtrack “Lord of the Rings Fellowship of the Ring”). Melankolis dan banyak backingvocal (yang sebetulnya suara dia semua) adalah ciri khas Enya dari awal dia muncul tahun 1986 sampe saat ini.

Mungkin Enya adalah artis paling “bermanfaat banyak” dari sekian banyak artis favorit saya selama ini, hehehe. Pertama kali menyentuh internet kelas 2 SMA, yang pertama dicari adalah Enya. Bahasa Inggris pun yang tadinya gelagap-gelagap, lancar sendiri tanpa sadar gara-gara terlalu sering baca artikel-artikel tentang Enya dan surfing anything about her di internet, termasuk sharing dengan fans lain dari berbagai belahan dunia. Belajar manipulasi foto di Corel, pake foto Enya buat kelinci percobaan. Yang di Corel Enya dipakein rambut pirang, baju Vegas nan seksi, ampe dipakein jilbab (!!!)😀. Bahkan kalo lagi under pressure menjelang ujian atau susah ngapalin, dengerin lagu-lagu dia buat obat sakit kepala. Kebalikan dengan temen-temen yang pake lagu Enya buat obat tidur, saya malah mendengar Enya biar nggak ketiduran kalau belajar.

5 tahun sudah ngefan Enya, gak ada bosennya. Dan sekarang, baru-baru ini Desember 2008 dia launching album baru, album natal berjudul “And Winter Came”. Tapi karena sibuk UAS dan persiapan PKL nggak sempatlah saya buat hunting ke toko-toko kaset besar kayak DiscTarra—yang lumayan jauh dari kampus dan tempat tinggal. Bahkan waktu nanya-nanya ke sesama fans Enya Indonesia lain di internet, mereka bilang kalau “And Winter Came” belum edar-edar juga di Indonesia….Tapi ngeselinnya ada juga beberapa fans Indonesia yang nakalan dengan nge-download gratisan album dia di situs illegal….Katanya sih “terpaksa” karena gak edar-edar juga CD/kaset legalnya. Ya emang dasar orang Indonesia otaknya bajakan ya, hehehehe.

Saya jadi was-was sendiri. Apa karena “And Winter Came” ini adalah album Natal sehingga gak edar di Indonesia? Karena memang semua album Natal Enya nggak pernah beredar CD/kasetnya di Indonesia…Atau karena Indonesia udah terlalu gila bajakannya sehingga album Enya gak akan beredar lagi di Indonesia? Atau bakalan beredar telat-telat, seperti pas Januari? Tapi apapun itu, saya jadi gatel-gatel and mupeng sendiri pas baca review orang-orang di situs Barat dan Indonesia yang bilang kalo AWC-nya Enya enak banget lagu-lagunya…..Whooaaaaaaaa pengeeeeenn!!!

Akhirnya saya mencoba cara otak bajakan, download gratisan di situs illegal. Tapi yahhhh….ternyata jalurnya udah ditutup, huhuhuhuhu…Telat gue, hikhikhik. Dan susahnya minta ampun mencari download murah karena download ilegal aja harus bayar $ 4,68 (walau sekali untuk seumur hidup)….

Di tengah keputusasaan (berjam-jam sakit mata melek depan internet, blehhh) akhirnya saya kembali jalur lama : You Tube. Dan jreng-jeeenggg……ternyata YouTube lebih sadis dari yang kuduga! 12 track di album Enya udah pada beredar di Youtube cuma 2 minggu setelah launching resminya di USA…termasuk bonus tracknya “Miraculum”. Dengan software You Tube Grabber yang biasa dipake buat download video di You Tube, tanpa ampun pun saya SIKAAAATTTT satu album “And Winter Came” Enya!!!

Tentu saja nggak bisa sehari sekaligus mendownload semua. Gara-gara serakah, empat lagu sempat corrupted alias kepotong di tengah sehingga sepulang UAS saya bela-belain balik ke warnet lagi untuk mendownload ulang Last Time By Moonlight, White is in the winter night, spirit of christmas past, dan journey of angels.

(Christmas and winter may have passed, but not with Enya).

Sempet diledek temen karena men-download “lagu kristen”. Jawabnya, what the hell. Sebab saya memang mendengarkan semua lagu nggak peduli lagu bokep, lagu Nasyid, lagu Kristen, lagu Hindu, atau lagu pemujaan setan. Yang penting aransemen unik dan enak didengar. Bahkan sudah dalam taraf mengkhawatirkan ke telinga saya karena terlalu sering denger headphone dalam volume keras untuk “menganalisa” detail aransemen setiap lagu yang ditemui.

Dan persis seperti perkiraan sebelumnya, album Enya ini gak terlalu “nganeh”. Nggak ada himne alien nyasar di Amazon ala “Less than a pearl” , lagu gothic perang-perangan kayak “Pax deorum”, lagu trance primitif kontemporer “The River Sings”, lagu etnik Timur ala “Sumiregusa”, slow waltz kayak “Flora’s Secret”, atau lagu nelangsa yang bikin merinding-rinding kayak “Exile”. No such underworld tracks. Mungkin karena ini bertujuan sebagai Xmas album, sehingga lagu begituan harus cuti dulu…suasana Xmas itu ‘kan harus divine and heavenly, not underworldly😀. ……Tapi lagunya enak-enak!!!! Apalagi suara Enya…syahdu banget…. ‘Last Time by Moonlight’ and ‘Stars and Midnight Blue’, both are so dreamy and romantic, my favorite songs on the album. Dan surprised karena dalam “My My Time Flies”, Enya menyanyi dengan melodi bergaya Blues tahun 1950an. Ini kesekian kalinya dia maen musik keluar jalur genrenya setelah “Spaghetti Western Theme” yang cowboy/western themed.

Pada siapapun yang udah mengetahui “And Winter Came” sudah beredar di toko kaset/CD atau belum, please be kindly inform me….I’ll appreciate any information about it. I’m still seeking the legal version of this album.

Thank you and assalamu ‘alaikum.

Best wishes, theeas

Comments
  1. cacan says:

    enya…

    satu penyanyi yang dari jaman smp dulu (6 taun lalu) dah bikin aku jatuh cinta…
    thanks buat infonya…

    hehehe..
    baru sadar kalo enya tu makin menggemaskan…

  2. ottmar says:

    kisahnya sama bro ma gw….. gw suka dari Smp..lagu pertama yang gw kenal tuh OST Cinderella..Book of day,… sejak itu gw di katain orang aneh lah…. persetan semua.
    long life Enya

  3. syaikhu akramuddin says:

    Wah.. mantab baget infonya, share dong sama gw, segala sesuatu tentang enya, karena gw salah satu dari sedikit Fans Berat Enya di Indonesia, selera gw dengan kamu kayaknya sama banget, saya gak pernah memandang suatu lagu itu dari segi religinya, mau lagu kristen, lagu hindu, lagu Islam, lagu apa aja yang bagus diotak gw pastidah gw koleksi, meski untuk koleksinya harus pontang panting kesana kemari, mau bajakan atau enggak EGP lah. Karena lagu-lagu selera GW biasanya susah carinya di Toko Kaset/CD, Saya kenal Lagu Enya sekitar tahun 1993 yang lalu, tapi akses untuk mendapatkan kasetnya perlu perjuangan yang berat, apalagi ki kota kecil Banjarmasin, untuk mencari kaset seperti itu sangat sulit, semua toko Kaset besar sekelas DiskTara dan DutaSwara disisir untuk mendapatkan kasetnya tapi gak ketemu juga, eh ketemunya malah di toko kaset di Kota Martapura, itupun kasetnya cuman Ada 1 buah saja, akhirnya di beli deh kasetnya, kalau gak salah waktu itu Harganya masih 13 rb, kalau lagu Indonesia harganya sekitar 8 rb. karena waktu itu internet masih belum ada, untuk mendapatkan segala sesuatu tentang enya sangat sulit sehingga saya banyak ketinggalan menyenai Enya.
    Lucunya lagi, pas lagunya saya saya puter di Koskosan Gw, teman2 gw yg kristen malah gak kenal Sama Enya, setelah mereka dengar dan dianggap lagu Rohani maka dipinjamlah kaset gw tsb dan mereka copy deh..He He..Mereka jg heran, kenapa GW yang muslim kok suka dengan lagu begitu…Tapi whatever lah, bagi gw seni itu gak terhalang tembok apapun. Selain Enya saya juga suka KITARO, YANNI, Vannesa Mae, Shaherr and Shafeer, Raul de Blasio, Agel Romero, Ostman Liberr, Diego Modena, Enigma, Sarah Brighman, Amormio Cylan. Itulah salah satu pengalaman saya tentang Enya, saya selalu menunggu Album2nya Enya, DI telinga Gw lagu-lagu Enya selalu BAGUS, saya mendengankan lagu enya untuk musik pengiring saat belajar dan pengantar tidur, kalau gak Enya, ya ..Kitaro. saya harap kamu mau berbagi dengan saya segala sesuatu tentang Enya. Meski saya lebih dulu kenalo Enya, tapi info tentang Enya pasti kamu punya lebih bayak. please contact me on syaikhuakramuddin1@gmail.com or 0813 4800 1978. Wassalam.

  4. theeas (admin) says:

    hehehehe padahal di GerbaNG unpad bajakan Enya banyak banget lohh….walau nggak cicariin ketemu juga ama enya…bahkan sadisnya dulu pas Amarantine cuman seminggu setelah launching resmi di amrik eh di gerbang unpad udah beredar banyak bajakannya hehehehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s