Compiled by : Theeas

cheatinghusband

Untuk penulisan bukunya “The Truth About Cheating”, konselor pernikahan M. Gary Neuman mensurvei 200 orang pria beristri yang selingkuh dan tidak selingkuh untuk mengetahui alasan di balik ketidakjujuran pria—termasuk pernyataan para pria selingkuh mengenai hal-hal yang dapat mencegahnya selingkuh. Inilah temuannya :

48% suami menyatakan ketidakpuasan emosional sebagai alasan utama selingkuh

Begitu banyak mitos mengenai pria, salah satunya mitos bahwa selingkuh adalah semata-mata karena alasan seks. Hanya 8% pria yang menyatakan ketidakpuasan seksual sebagai alasan utama mereka selingkuh. “Pandangan sosial kita mengatakan pada kita bahwa semua kebahagiaan pria terletak pada seks”, kata Neuman, “namun pria juga bukan makhluk tanpa perasaan. Mereka ingin istri mereka menunjukkan sikap menghargai suami, dan ingin istri memahami bahwa pria telah berusaha keras melakukan sesuatu dengan benar”. Masalahnya pria tidak memiliki kepekaan emosional sebesar wanita dalam mengungkapkan perasaan mereka, sehingga istri tidak selalu tahu apakah membutuhkan perhatian ekstra atau tidak. “Kebanyakan pria berpikir bahwa menyatakan emosi itu membuatnya tidak jantan. Namun Anda dapat menciptakan suasana pernikahan akan saling menghargai dan terbuka atas pikiran masing-masing—dan apabila Anda telah melakukannya, suami akan sangat suka untuk itu”

66 % suami selingkuh mengaku merasa bersalah ketika berselingkuh

Ternyata bukan hanya mereka yang dicap “pria brengsek” saja yang berselingkuh. Faktanya, 66% suami selingkuh tidak pernah membayangkan bahwa mereka akan menjadi tidak setia, bahkan hampir semuanya berharap tidak melakukan itu, demikian kata Neuman. Namun, rasa bersalah tidak cukup untuk membuat pria berhenti selingkuh. “Pria sangat baik dalam membelakangkan perasaan”, Neuman menjelaskan, “mereka dapat mengubur emosi dan menahannya”. Jadi, walau suami Anda bersumpah ia tidak akan pernah selingkuh, jangan mengira begitu saja bahwa kata-katanya benar.

77% suami selingkuh memiliki teman dekat yang juga berselingkuh

Pengaruh teman dan lingkungan memang tidak bisa diremehkan, terutama bila Anda kurang kuat iman. Berkumpul dengan teman-teman yang suka selingkuh akan menimbulkan pikiran bahwa “selingkuh itu biasa saja”. Namun Anda sebagai istri tidak bisa begitu saja melarang suami untuk berteman dengan Tuan Mata Keranjang, kata Neuman, namun Anda bisa menyarankan suami untuk berkumpul dengan temannya di tempat yang jarang godaan, seperti tempat olahraga, daripada di bar atau klub malam. Strategi lain : bangunlah hubungan baik atau sharing dengan pasangan-pasangan menikah yang bahagia, hal itu dapat membangun lingkungan yang mendukung kekuatan pernikahan.

40% pria selingkuh bertemu wanita idaman lain di tempat kerja

“Seringkali wanita selingkuhan suami di kantornya adalah orang yang memujinya, menghargai, melihat kelebihannya, dan menghargai usaha-usahanya”, kata Neuman, “inilah mengapa sangat penting bagi istri untuk mengenali kelebihan-kelebihan suami dan menghargainya di rumah”. Untungnya, ada peringatan jelas ketika suami Anda mulai tertarik dengan koleganya : apabila ia memuji-muji atau menyebut kolega wanitanya sangat lebih sering dari kolega prianya, antena Anda harus naik—dan saatnya Anda berdua menetapkan apa yang oke dan tidak dalam tempat kerja, kata Neuman. Periksa pula peluang yang ada : apakah apabila suami lembur ia hanya berduaan dengan rekan wanitanya? Apakah mereka travel bersama ke konferensi di luar kota? Dinner ketika mendiskusikan proyek?

Hanya 12% pria selingkuh beralasan wanita simpanan mereka secara fisik lebih menarik dari istri

Dengan kata lain, kebanyakan pria tidak akan menyeleweng hanya karena ingin kepuasaan seks dari tubuh wanita yang lebih indah. “Pada kebanyakan kasus, pria selingkuh untuk memenuhi kebutuhan emosionalnya”, kata Neuman, “ketika ia punya ikatan emosional kuat dengan wanita lain, seks datang menyusul”. Bila Anda mencemaskan perselingkuhan, fokuslah dengan membuat hubungan Anda berdua lebih hangat, erat, dan terbuka..daripada terlalu memfokuskan tubuh atau menjadi master posisi seks baru. Namun ketahuilah bahwa seks juga kebutuhan dan hak suami—maka penting juga mempercantik diri untuk suami, dan jadikan hal itu sebagai ekspresi cinta Anda kepadanya. Seks adalah cara suami mengekspresikan cinta dan kedekatan dengan Anda.

Hanya 6% pria selingkuh berhubungan seks dengan wanita setelah bertemu dengannya pada hari atau malam yang sama

Umumnya, 73% pria harus mengenali lebih dalam wanita selingkuhan sasaran mereka selama lebih dari sebulan. Hal ini berarti Anda memiliki tenggang waktu untuk melihat tanda-tanda bahaya sebelum perselingkuhan terjadi. Wapadai tanda-tanda seperti : lebih sering jauh dari rumah dari biasanya, berhenti meminta hubungan seks, lebih sering memancing pertengkaran, atau mengabaikan panggilan telepon. Reaksi Anda adalah menuduhnya, namun biasanya pria akan menyangkal—apalagi bila belum terjadi hubungan fisik apapun dalam perzinaannya.

Sebagai gantinya, fokuskan pada hal-hal yang dapat Anda kontrol, seperti sikap Anda, untuk memperbaiki atmosfer pernikahan.  Jangan menunda untuk menunjukkan perhatian, penghargaan, memprioritaskan waktu bersama, dan berinisiatif mengajak seks. Beri dia alasan untuk mempertahankan Anda sebagai istri, kata Neuman. Cobalah perkataan lembut (tanpa menyebut pihak ketiga) seperti “saya rasa kita mulai kehilangan sesuatu yang penting dalam pernikahan kita, dan aku tak mau membuatnya hilang”.

Diterjemahkan dari : “The Truth About Why Men Cheat”, oleh Nicole Yorio. Sumber : Red Book Magazine, msnbc^com

Comments
  1. Dienar says:

    saya sangat sependapat dengan artikel ini sesuai dgn pengalaman pribadi.. saya tlh menikah selama hampir 20th namun sejak pernikahan kami berusia 2thn saya mulai berselingkuh dan selama ini saya terus beselingkuh, entah mengapa saya terus dan terus berpaling berganti2 wanita terus merasa belum cukup dan blm lengkap.. awalnya saya hanya menikmati just for fun melepas stress dari kepenatan akan pekerjaan..
    sampai akhirnya saya bertemu dengan gadis muda, cantik, sederhana, pintar dan yg membutnya lebih dari wanita2 yg pernah saya temui dia gadis muda yg sangat murah hati dan tulus.. kami dekat selama hampir 4th dan hanya dia yg bisa membuat saya tidak bisa berpaling kepada wanita lain, dia selalu menjadi org pertama yg terlintas dlm benak saya disaat saya ingin share ttg apapun yg terjadi dlm hidup saya, dia gadis pintar yg bisa menjadi teman yg baik disaat saya butuh support atas apaun baik pekerjaan bahkan konflik klg, dia seperti air yg selalu pintar menyesuaikan dgn wadahnya dia gadis manis yg bisa menghargai saya tp jg gadis konyol yg slalu bisa membuat saya nyaman n tertawa lepas.. lbh dari segalanya dia gadis pintar yg mengajarkan saya akan arti mengahrgai hidup sehingga saya bisa lbh dekat dgn keluarga saya, dgn isteri n anak saya..
    saya betul2 merasa sangat nyaman berada disisinya.. lebih dari segala alasan apapun saya tdk bisa jauh darinya saya menyadari bahwa saya membutuhkannya karna itu saya ingin memilikinya, menikahinya dan melindunginya.. sebagaimana dia dapat membuat saya merasa bersyukur atas hidup ini karna dia dgn senyumnya dapat melengkapi hidup saya..

  2. ratna says:

    saya menikah 15 tahun dan baru saat ini saya merasa tidak mengenal suami saya.apa yang menjadi kewajiban saya,saya berusaha memenuhinya.kekurangan kekuranganku kucoba untuk dibenahi. Tapi rupanya itu tidak mampu untuk menghentikannya dari selingkuh. apakah untuk kesenangan dan kenyamanan suamiku anak-anak harus kukorbankan masa depannya?Padahal mereka tidak pernah minta untuk dilahairkan

  3. alone says:

    Saya menikah dengan suami saya 11 tahun,dia mendapatkan saya wanita-dari keturunan baik-baik,saya menikahkan dia karena ‘terpesona’ akan ke aliman-nya yang layak jadi suami.
    Menurut teman-teman suami saya saat lajang,sangat brengsek,hobi perempuan,bahkan itu terbukti.Tapi sudah telat karena kami telah menikah.11 tahun menikah suami saya yang hampir berusia 38tahun,MASIH doyan akses internet porno,menghabiskan waktu dengan chatting dengan wanita nakal,dikantorpun terkenal suami saya ini “kelewat” supel dengan wanita teman2 1 kantor,sangkin supelnya suami saya “tidur” dengan beberapa teman kantornya.
    Buat saya suami selingkuh tidak lebih dari faktor birahi,maaf,antar logica dan birahi-lebih besar birahi [nafsu].Sehingga SANGAT mudah tertarik dengan lawan jenis,TANPA sadar akan status dan moral.Saya jijik melihat suami saya,kebanyakan tertawa-tawa,memanfaatkan karir/keuangan saya sbg istri,lari dari tanggung jawab sebagai ayah dari 2 anak laki2 kami.Ayah suami saya juga mempunyai istri 3 orang,tidak heran suami saya menurun genetic dari si ayah/mencontoh hal negatif si ayah.
    Hubungan suami istri kami sangat buruk,saya jijik dengan suami saya,karena saya merasa tubuh dia kotor,siapapun dia tiduri,saya tidak pernah berhubungan seks dengan suami saya,difokuskan mencari uang untuk ke2 anak saya,sementara suami saya masih ber “haha-hihi” dengan wanita-wanita yang sejalan pikiran dengan dia yakni:Free sex.
    Memang betul,penampilan,suami yang baik TIDAK menjamin dia tidak selingkuh.Suami saya jika orang awam menilai dia sosok muslim yang sejati,percaya diri tinggi,insinyur yang hebat,supel-tetapi jika dilihat dari kacamata keluarga,tidak lebih dari seorang suami yang kotor,membuang uang-waktu belasan tahun ‘kecanduan’ seks dengan cara berselingkuh serapi mungkin.

  4. Nana says:

    Masih ingat kasus TIGER WOOD pemain golf terkenal seluruh dunia?
    Saya seorang Ibu 2 anak pengagum Wood,dan cara dia bermain golf menjadi inspirasi saya.
    Tiger wood contoh simple bisa kita ambil,terlihat berkelas,smart,champion,bahkan seorang ayah/suami yang the best,dengan dress code yang baik,image yang baik,senyum yang berwibawa,dan salah 1 the best performance men in USA.Ternyata akhir tahun 2009 rahasia kotor/busuk seorang Tiger Wood terbongkar.
    Dibalik pesona,pakaian,penampilan,wibawa,cara bicara yang perfect seorang Tiger Wood TERNYATA tidak lebih seorang hypersex,yaitu berselingkuh menipu istrinya dengan “tidur” dengan 15 wanita prostitusi kelas wahid di USA,malahan beberapa dari mereka aktris ternama.Sekarang Tiger Wood dibawah treatment clinic rehabilitasi anti sex addicted.
    Wah..itu yang ‘ketahuan’..bagaimana yang tidak ketahuan ya..
    TRUST ME,penampilan laki-laki yang berpura-pura baik-pun lebih bahaya daripada yang asal.
    Ini terjadi juga dengan RT saya,menikah belasan tahun-suami saya tidak kunjung taubat,selingkuh kanan-kiri.Demi kepuasan batin,agama dan moral terlupakan.

    Tapi itu semua kembali kepada pribadi masing-masing.Untuk apa jika agama,karir,RT dikorbankan hanya untuk kepuasan?

  5. eclair says:

    Saya menikah dengan suami saya berwarga negara Australia menjelang 6 tahun. Dan mempunyai seorang anak perempuan yang lucu dan cantik hampir 5 tahun. Saya menikah dengan dia sebenarnya bukan landasan cinta. Waktu itu saya sudah mempunyai pacar yang menjalani tingkat keseriusan untuk menikah, tetapi karena pendapat kelurga, akhirnya saya memilih suami saya ini. Waktu itu dia betul betul serius, bertanggung jawab dan benar benar menunjukan itikad baiknya. Tapi menjelang tahun ke dua, saya mendapati bahwa suami saya berperilakuan 2 karacter. Dirumah dilingkungan kami tinggal dia bisa menjadi ayah, suami, tetangga yang baik. Dan banyak diidolakan. Tetapi setelah dia keluar negeri untuk kerja, dia menjadi liar, selingkuh dengan anak abg, dan saya mendapati berkali kali. dan juga drug. Kadang kadang saya ingin lari, menjerit, dan kecewa sekali. Tetapi melihat anak saya yang lucu dan makin besar, perasaan saya tekan, tapi jauh dilubuk hati saya, saya ingin juga membalas dengan perselingkuhan juga, tapi apa itu menjamin dia akan berubah? mungkin dengan menawarkan suatu kebahagian yang damai dia akan menjadi tenang dirumah?

  6. Makrus Ali says:

    Selain beberapa alasan yang ditulis diatas, saya menambahkan sedikit tentang alasan kenapa suami selingkuh antara lain:

    Dia tak lagi mencintai Istri
    Dia menganggap Istri cerewet
    Istri mudah memaafkan

  7. Sadness says:

    Saya menikah belum cukup 3thn, selama 2 thn lebih pernikahan kami,saya mempercayai suami saya sepenuhnya bahwa dia telah merubah hobi selingkuhnya sewaktu kami pacaran. Tp ternyata saya salah mempercayainya,pada saat kehamil kedua saya yg berumur 9 bulan saya mengetahui dia selingkuh dgn teman gadis teman sekantornya. Saya sgt terpukul,tp saya memaafkannya setelah dia berusaha meyakinkan saya bahwa dia berjanji tdk akan mengulangi lg. Tp 2 bulan kemudian dia mengulanginya lg..dan lagi-lagi saya maafkan demi cinta saya dan anak2. Yang saya takutkan dia akan mengulanginya lg dan entah sampai kapan akan berakhir.
    Sdra Markus ali mgkn benar,dia sudah tdk mencintai saya lg,dia merasa saya cerewet dan dia dgn gampang mengulanginya lg karena saya selalu memberi maaf. Saya terlalu mencintainya…

  8. Sadness says:

    Kemaren perselingkuhannya yg lain kuketahui lg…..perselingkuhannya dengan mantan pacarnya yg sudah bercerai…..kagetnya lg sdh setahun lebih dia membohongiku..
    “apa yg kau rencanakan terhadapku dengan terus menyiksaku seperti ini..tinggalkan aku kalau kau tak mencintaiku lg..krn rasa ibamu untukku saja sudah tidak ada..tinggalkan aku dan anak2ku”
    ungkapku diakhir perdebatan..*ikhlasku

  9. erna says:

    Sdh 6 th kita menikah, & baru kusadari selama ini dia telah selingkuh.Semula saya memutuskan untuk menceraikan dia,krn dia telah menghianati pernikahan kami dengan tidur sm wanita lain.tp krn memikirkan perasaan anak saya yg msh berusia 5 th sy mengurungkan niat itu.biarlah saya mengabaikan rasa sakit hati ini daripada anak saya menjadi korban keluarga yg broken home.Semoga para pembaca tdk mengalami hal yang pernah sy alami,krn kejadian ini bnr-benar telah menghancurkan hati & semua cita-cita saya.

  10. inoy says:

    Perselingkuhan kerap terjadi pada rmh tangga, spt yg tjd pd q dmn aq tiba2 diceraikan suamiku tanpa alasan yg jls padahal segala upaya tlah aq lakukan tuk slalu menjd istri yg baik d taat pd suami..terkadang seorang suami yg sedang terjerat cinta terlarang enggan memikirkan perasaan istri d anak2x..sekali berbuat 2 3 x akan ketagihan klo seorang istri terus memaafkanx..mungkin aq lbh bisa mengerti klo suami berselingkuh dg seorg gadis pasti ada bedany dg istriny tp yg g habis pikir jk suami berselingkuh dg istri org yg sama punya anak jg bahkan org lain menyatakan g lbh bagus dr aq..perselingkuhan itu sangat menusuk hatiku bahkan menghancurkan masa depan kebahagiaan anak2q krn dia lbh memilih membahagiakan selingkuhannya dg anak2 selingkuhannya..aq berharap suatu saat dia akan sadar siapa yg benar-benar mencintai dan menyayangi dia dgn tulus tak lain istri d anak2 kandungnya… stop perselingkuhan..kuatkan iman kalian..

  11. Rieka says:

    Mmmmm

  12. Irene says:

    Saya Selingkuhan

    Saya menulis ini bukan untuk menambah beban ibu-ibu yg memiliki suami selingkuh. Dulu, saya perempuan selingkuhan beberapa laki-laki beristri. Sekarang saya sudah berhenti dari kehidupan semacam itu.
    Saran saya pada ibu-ibu adalah waspadai beberapa symptoms suami di bawah ini:

    1. Punya hp atau account email dengan password rahasia.
    2. Kalau di rumah sering matikan Hp dan hati-hati meletakkan Hp atau BB, dll..
    3. Kalau ada sms atau telpon tidak segera dijawab, atau malah terkadang menjauh untuk menerima panggilan.
    4. Punya barang-barang baru hadiah dari wanita lain. Jg, sebaliknya, beli benda-benda untuk wanita itu.
    5. Ibu telpon berkali-kali tapi tidak dijawab dan tidak menelpon balik dalam waktu 2 jam.
    5. Parfum kadang berubah, atau biasanya nggak pakai, tiba-tiba pakai parfum
    6. Sensitif, kalau disinggung atau ditanya baik2 (bahkan dalam diksi yang paling santun pun) tentang kemungkinan ada perempuan lain, ia malah murka
    7. Semakin rajin berangkat pagi. Semakin kerap pulang larut.
    8. Bangun tengah malam untuk jawab email atau sms. Kadang, malah pisah kamar dengan istri, agar bebas berchatting ria.
    9. Penampilan berubah (rambut, cukuran, penampilan, dll)
    10. Sering melamun (apalagi kalau dengar lagu-lagu)
    11. Kadang-kadang, perempuan selingkuhan nggak sengaja (atau sengaja) meninggalkan jejak untuk diketahui oleh istri di rumah, seperti parfum, lipstik, bedak, scarf, dll.

    Untuk laki-laki yang sudah pengalaman sih, mungkin nggak ada tanda-tanda sekomplit itu. Mereka berselingkuh dan rumah tangga tetap aman, sentosa – sepanjang istri nggak tahu apa-apa. Dan kata-kata dusta suami seringkali manjur untuk menenangkan hati istri.

    Bila suami Ibu selingkuh maka :
    1. Walaupun instropeksi perlu, tapi jangan salahkan diri sendiri. Sering saya temui laki-laki berselingkuh bukan karena istrinya memiliki kekurangan kronis, lebih banyak alasan lain seperti karena sering ketemu di kantor, atau mantan, dan menemukan teman ngobrol yg enak.
    2. Ibu-ibu banyak mengira bahwa laki-laki selingkuh hanya karena seks. Maaf sebesar2nya, tapi pada banyak kasus nggak seperti itu. Apalagi laki-laki yang selingkuh hanya pada satu orang perempuan, pada saat itu ia akan mengalami lagi romansa lagi.
    3. Karena pergaulan saya (teman-teman saya banyak berperilaku seperti saya), saya pernah melakukan survei ‘tak cerdas’ pada hubungan2an semacam itu. Saya bisa simpulkan bahwa kunci melewati badai rumah tangga akibat perselingkuhan terletak pada kesabaran istri. Umumnya kesabaran istri bukan hadir karena rasa cinta pada suaminya, tetapi karena keimanan dan pertimbangan anak.

    Ini sedikit tips mencegah suami selingkuh:

    1. Suami bukan jemuran, jangan diperas fisik atau keuangan.
    2. Indera suami bukan hanya telinga, ia pun memiliki mulut dengan suaranya yang indah untuk didengar.
    3. Pernikahan adalah untuk kebahagiaan, jangan jerembabkan suami pada rumah tangga yang mumet. Buat rumah yang bersih, makanan yang enak, kamar yang wangi, anak-anak yang terawat. Ibu sendiri pun perlu bersolek.
    4. Mengubah watak laki-laki, nyaris mustahil, jadi terima suami Ibu dengan segala kekurangannya. Senantiasa support suami Ibu bahkan pada saat dimana sebenarnya Ibu pun berada pada titik paling pesimistik.

    Bila suami Ibu tetap selingkuh, ya wes, sudah tabiat. Sekarang tinggal prinsip Ibu bagaimana bereaksi pada situasi itu.

    Saran terakhir saya adalah : Jalani dunia ini seperti kita tak memiliki siapa-siapa, kita lahir sendiri dan akan meninggal sendiri. Rasa posessif pada cinta, yang membuat seseorang tersakiti oleh cinta. Semua manusia yang hadir dan mengisi kehidupan kita, hanya lalu lalang seperti musim. Pada awal dan akhirnya, kita akan sendiri.

    Irene

  13. suryamita says:

    gitu aja kok repot. ya dibales aja selingkuh. ngrasain juga selingkuh kaya apa. suami pinter istri harus pinter juga. ntr kalo dah ngrasain berhenti sendiri. jadi cewe jgn lembek. harus kuat. harus kerja dan mandiri. kalo suami gitu2 terus ya cerai aja. gitu aja takut. ga usah mikirin anak-anak gimana. diberi pengertian anak2. ntr juga tau sapa yg salah bapaknya atau ibunya. sebagai cewek harus kerja. bisa kok nyukupin anak-anak sendiri. Tuhan tidak tidur. Rejeki akan mengalir jika niat kita baik.
    buat ibu-ibu yang suaminya selingkuh. BEKERJA DAN MANDIRI. HIDUP SENDIRI AJA BERSAMA ANAK2. HIDUP TANPA SUAMI GA AKAN KIAMAT. YANG TERPENTING ANAK-ANAK. SUAMI ANGGEP AJA MATI. HIDUP AKAN TENANG DAN DAMAI. IBU GA AKAN MAKAN HATI DAN SAKIT HATI SEUMUR HIDUP DITINGGAL SELINGKUH. SEMANGAT…..
    DOSA YANG NANGGUNG KITA SENDIRI BU. SUAMI YG SUDAH SELINGKUH BUKAN KARENA SALAH ISSTRINYA TAPI EMANG GA BERSYUKUR.
    KESIMPULANNYA ITULAH SUAMI YG GA BERSYUKUR.
    SEMANGAT TETAP BEKERJA DAN MANDI-RI. SUPPORT ANAK KITA

  14. he3..saya masih anak2..jadi nyimak aja gan..
    saya setuju dengan konsep seorang istri harus mandiri. bisa saja dengan tetap bekerja. untuk menjaga ketajaman pikiran dan kekuatan hati. bisa saja ketika suaminya pergi, entah kawin lagi ato bahkan meninggal, masih bisa hidup dengan harga diri. tks.

  15. winterkate says:

    Masih inget Jeniffer anniston dan Nicole kidman, kurang cantik apa coba mereka…tapi tetep aja suaminya selingkuh.

    Dear mommies yang sabar and kuat, para lelaki itu dibagi 2 jenis :

    1. buaya (ini suami yang coba coba selingkuh)
    2. buaya banget (suami yang tabiatnya emang bejat)

    jadi mau sehebat apa pun istri dirumah, gaji gede, wangi, pinter rawat anak, pinter masak, pinter ML, pinter bersih bersih rumah pasti dimata suami tetap ada yang kurang…karena menurut saya para suami sudah bosan dengan rutinitas sehari hari…dan mereka mencari sesuatu yang lain diluar rumah. katanya kalau sama istri dirumah..udah gak ada greget nya..beda sama selingkuhan yang bikin dia kangen atau cengar cengir sendiri waktu baca sms kayak orang gendeng.

    Saya jamin kalau suami kita meninggalkan kita dan menikah dengan salah satu selingkuhan nya SAYA JAMIN PASTI TINGGAL NUNGGU WAKTU…SI LELAKI ITU TIDAK PUAS LAGI DENGAN KONDISI SELINGKUHAN NYA YANG SUDAH DINIKAHI. jadi kalau suami mau ceraikan kita…well we should buy it..and will see what happen next.

    Jadi walau kita sudah bekerja semaksimal mungkin untuk mengingatkan suami kita, semaksimal mungkin melayani suami kita dengan menaikan harkat dia setinggi tinggi nya..kalau suami kita masih berprilaku bejat..ya sudah ceraikan saja, karena tidak ada yang salah dengan mommies semua..yang salah ada lah karakter suami kita…

    nah jika ada wanita wanita yang mau diselingkuhi..yah anggap aja level wanita wanita itu gak jauh beda dengan suami kita yang bejat. Jadi jangan selalu berfikiran bahwa mommies mommies gak bisa menyenangkan hati suami, kalau mommies mommies tidak bisa menyenangkan hati suami dan membuat dia jatuh cinta dulu..sebelum menikah..untuk apa dia menikahi kita.

    To be a good father, he should to be a good husband first.

    Saya yakin bahwa Tuhan memberikan cobaan kepada umatnya tidak melebihi kemampuan nya. Jadi buat para suami…kalau baru digodain dikit sama wanita yang gak cakep cakep amat dibanding istri nya aja sudah klepek klepek..heheheh maaf…kalian gak akan naik pangkat dimata Tuhan, dan dijamin iman nya tipis.

    kalau mau main bales bales an sih gampang..tinggal bales aja kita selingkuh sama orang lain, gampang kan. tapi yah kalo iman kita masih diatas level suami, kalau harkat kita masih tinggi, kalau kita masih mau menjadikan anak kita bermartabat oke tidak seperti Bapak nya..gak perlu lah ya bales selingkuh…kebahagian gak cuma didapet dari para selingkuhan…masih bisa didapat dengan cara lain.

    Jadi..buat para Mommies…semangat ya…the problem is not on you.

    tetap bekerja
    tetap didik anak sebaik baiknya
    jangan liat kebelakang, liat masa depan dengan bahagia
    perbaiki diri
    cari kesibukan lain yang bisa menambah kebahagian kita.

    God bless you.

  16. inggrid says:

    untuk para mommies : read your stories makes me feel little scared about married,,apa semua laki2 begitu..
    dear Irene : aku baru saja meninggalkan pekerjaanku, krn direktur mudanya yg berusia 3o tahun itu terkesan agak genit< dan benar saja setelah aku berenti 1 bulan kemudian dia tetap mengontek aku..aku mencoba membuat percakapan selurus mungkin.krn aku tetap ingin menjalin relasi yg baik utk kepentingan bisnis,
    untuk Irene sy ingin bertanya; sy sangat tertarik dan penasaran sekali dengan psikologi pria ini..terutama krn sy orgnya sangat ingin tahu..
    pria ini tampan tubuhnya bagus, dia ada bercerita sedikit ttg rumah tangganya itupun setelah saya pancing2 karena dia bt kalo sy tanya:
    1. dia menikah dengan istri yg tdk virgin
    2.istrinya perhitungan dalam masalah ekonomi,,dalam beberapa hal dia harus membayar pd istrinya,,sewa tempat utk dia usaha
    3. istrinya sudah tidak mau tdr dengan dia, setelah sy tanya kenapa katanya skrg istrinya sibuk dengan anaknya yg baru lahir..
    dari sini sy merasa dia berbohong. karena a. anaknya baru lahir jd 10 bulan terakhir sy pikir dia masih berhubungan seks.
    b. dalam pikiran sy yg kedua setelah sy baca tulisan2 dia atas mungkin saja istrinya merasa jijik dengan dia..krn dia sudah tdr dengan banyak wanita
    atau c. anaknya itu bukan anak dia
    dr 3 hal dia atas alasan mana g paling tepat yg menyebabkan dia selingkuh
    sy juga bnggung kenapa dia ngotot mendekati sy
    padahal sy tdk mau dan bs berhubungan seks dengan dia krn sy menjaga virginitas saya (kalau alasan dia ingin berselingkuh dengan sy krn seks)jd selama ini kita hanya ngobrol2 saja

    tambahan 1 fakta lagi ttg dia:dia pernah keceplosan kalau banyak wanita yg dia temui sudah tdk v,,dalam hall ini saya mengambil kesimpulan kalau dia sudah berkali2 selingkuh dan mustahil istrinya tdk tahu

    yang terakhir bagaimana supaya dia berhenti mengejar sy<<krn dia tdk berhenti setelah sy nasehatin panjang lebar, dan jg sudah sy omelinn
    tapi sy tetap ingin relasi yg baik demi kepentingan bisnis sy

    dear irene mohon berkenan menjawab pertanyaan sy apa yg menyebabkan dia selingkuh dan bagaimana supaya dia tdk lagi mendekati sy, namun sy tdk ingin kehilangan peluang bisnis..thx

    sy berusia 25 tahun single dan berwiausaha

  17. Rani says:

    Sbnrnya aku dah nemuin 7 ciri2 suami selingkuh yg ditulis Irene. Cm suami sll bs nenangin aku, sampai suatu hr tmn kantor suami ngasihtau. aku milih bertahan krn aku ga pny kerja dan tergantung ama suami, jd benerlah.. Bhw perempuan kudu mandiri. Aku skrg sdg cb2 usaha sndiri..pokoknya jd kebuka mata. Ngomong2 Irene skrg sdh berkeluarga blm?

  18. Fha says:

    Ini prtama kalix swamiku slingkuh, smua tanda2 d atas ada padanya, yg mmbuat aku hancur adalah dia slingkuh dg mantan muridx yg sdh janda. Apalagi dia kena guna2 si janda yg mmbtx lupa pada segalax,tp aku brtahan dmi ke2 anakku yg msh kecil, $ring aku minta cerai tp dia slalu menolak, skarang ktx dia ingin brubh tp jujur aku udh g prcaya lg pdx… Aku slalu brdoa smoga suamiku brubah dan si janda dan klrgax segera mndapat balasan yg stimpal dari tuhan. Amin.

  19. Irene says:

    Mbak Inggrid,

    Saran sy jgn urusan dgn laki2 beristri. Apalg mrk yg suka jelek2in istrinya. Itu atribut yg buruk. Sy berhenti dr dunia macam itu krn suatu hari sy prnh melihat mata anak2 dr seorang lk2 yg jdkan sy selingkuhannya. Sy tb2 merasa mjd seorang monster.

    Jangan takut menikah, bnyk laki2 yg luhur tak menyesatkan. Laki2 yg tulus.

    Laki2 kl sdh pasang target, semua cara akan dilakoni utk menggaet Mba, trmsk mencoba utk dikasihani. Susahnya bila Mba sdh terlanjur senang curhat (atau memperoleh perhatian dr dia dan sebaliknya), maa smkn sulit melepaskan diri. Spt perangkap tikus, kalau sdh terjebak, bergerak sedikit sj akan smkn kuat perangkap itu membelenggu. Jd sebaiknya jangan dekat2 dgn perangkap itu apalagi sengaja membawanya dlm kehidupan Mba.

    Take care…

  20. inggrid says:

    dear mba irene thx bgt buat baca dan kasih respon…selama ini tmn2ku cuma bilang jangan..cuma mereka ngga tau pergumulanku selama ini…benar kata mba pria ini mencoba dgn bbgai macam cara… dia bilang mau ajak saya liat lokasi dan akhirnya 2 malah batal dan kita jadi pergi makan..dan nonton..pria ini memaksa untuk memegang tangan saya…skrg ini sy merasa hidup saya jadi roller coaster..sy tdk tahan lagi..sy tdk tahu dia gila atau gimana pokoknya dia harus ketemu saya 2 hari sekali..sy juga ga mau seperti ini..cuma dia selalu memaksa saya..dengan berbagai cara
    mba irene saya merasa dia mengatur hidup saya bahkan dia melakukan bbg cara untuk ketemu sy ..berbohong , batalin meeting dan sebagainya..di hr minggu juga..
    mba aku pengen skali kluar dr keadaan ini ..aku harus gmn
    aku sudah coba hapus dia dr bbm aku tapi ga mempan,,skrg ini aku terpaksa ganti nomor..aku takut skali dia mengikuti sy..krn dia benar2 nekat..dia pernah memarahi saya krn sy tdk mau dipegang tanggannya
    dia tau alamat sy mba.

  21. me says:

    hi.. aga aneh juga tau2 saya nulis comment disini.. saya baru saja menikah..usia pernikahan belum ada 6 bulan..tapi karena keadaan kami harus terpisah..kami menjalani hubungan suami istri jarak jauh..dan 1 bulan setelah pernikahan..saya mendapati kejanggalan dari suami saya.. rasa sayang, perhatian dan cinta yang biasanya dapat saya rasakan hilang begitu saja.. suami saya jadi pemarah, dan sensitif.. memang latar belakangnya ia seorang playboy..dan dulu dia dapat meyakinkan saya bahwa dia sudah berubah.. kini sepertinya dia rindu akan masa lalunya.. dia mulai menyakiti saya dengan memperkenalkan pacar2 barunya kepada saya..terutama ketika kita sedang berantem.. stress pasti.. karena jarak saya tidak dapat melihat pasti apa yang ia lakukan..sampai suatu hari saya pergi ke dukun hehe orang pinter lah untuk menanyakan apa yang sebenarnya terjadi.. dan si dukun mengatakan bahwa suami saya selingkuh.. ciri-ciri yang disebutkan si dukun sama persis dengan apa yang digambarkan suami saya lewat telepon.. akhirnya si dukun memberi saya jimat agar suami saya sadar.. dan memang berhasil.. suami saya menjadi “membaik”..tapi saya merasakan dalam hati saya ada kekosongan dalam menjalani hubungan pernikahan kami.. yah.. wajar setelah mengetahu kalau kita diokhianati perasaan itu akan muncul.. saya rasa suami saya disana juga merasakan kekosongan yang sama.. lama kelamaan saya berpikir.. saya tidak bisa seputus asa ini, percuma apabila suami saya akhirnya kembali kepada saya karena dukun..dan apa yang kita jalai walaupun bungkusnya bagus namun isinya kosong… kemudian saya membuang jimat itu.. dan betul keadaan menjadi memburuk.. dia kembali selingkuh..namun saya berusaha bertahan dengan berdoa memohon kekuatan dan ketenangan kepada tuhan untuk menghadapi suami saya..tiap hari saya berdoa..agar saya dianugerahi tuhan kasih dan pengampunan untuk menyelamatkan suami saya dari kesalahn-kesalahan yang dia lakukan.. dan doa itu menjawabnya.. seberapa suami saya menyakiti saya dengan perkataannya dan perilakunya..saya dapat menghadapinya dengan tenang..damai dan sabar.. Semakin sabar saya..semakin marah dia.. sampai akhinya entah apa yang terjadi disana..dia terbuka matanya bahwa jalan yang selama ini ia lalui salah..dan dia kembali menjadi suami yang selama ini saya inginkan.. dari kejadian ini saya belajar bahwa saya telah berjanji kepada tuhan bahwa saya mencintai orang ini dan saya ingin hidup semati dengan dia… ketika suami kita berada di jalan yang salah.. emmang berat.. berat sekali malah..tapi bukan berarti kita harus meninggalkan dia dan mementingkan emosi kita..tapi apa yang harus kita lakukan sebagai istri untuk menolong dia.. menyelamatkan dia…karena pernikahan bukan mainan atau legalisasi untuk berhubungan sex..pernikahan suci di mata saya..suami selingkuh adalah cobaan untuk menguji seberapa dalam cinta kita kepada pasangan..tinggal dilihat kita bisa lulus atau tidak :)…Percayalah.dengan keyakinan, tekat dan doa..semuanya ngga ada yang mustahi.. tuhan bisa merubah apa yang terburuk menjadi yang terbaik… semoga ini bisa membantu..:)

  22. sartika umar says:

    saya sdh menikah selma 3 thn dan ternyata suami saya selingkuh di usia 1 thn perkawinan kami.suami saya adalh seorang duda sblm sy menikah dgn dia dan punya 3 orang anak.dia bercerai dgn istri pertamax krn dia selingkuh..ternyata,skrng dia selingkuh dgn mantan istrix..itu yang sgt sy tdk bisa saya terima.saya sdh minta cerai dri dia,tp dia tdk mau kami bercerai….saya sgt tersiksa bathin hdp dgn dia.

  23. nina says:

    dear me….saya salut dengan kesabaranmu dan juga keyakinan akan doa2, kalau suami berada di jalan yang salah kita harus ingat komitmen waktu kita memilih untuk menikah dengan dia, menerima yang baik dan buruk dari dia. Jadi kalau pas suami berselingkuh, jangan langsung ditinggalkan, atau membalas dengan pergi juga berselingkuh.
    Saya mengalami hal yang sama dgn kamu, tp pernikahan kami sdh lebih dari 10 tahun dan dikaruniai 3 anak yang manis2…
    suami saya berselingkuh dgn teman kantornya, aku kenal si perempuan bahkan pernah saya undang datang makan di rumah…tapi begitulah kalau kebiasaan ketemu setiap hari, saling curhat…siperempuan yang tidak bahagia dgn pacarnya, menceritakan semua masalahnya ke suamiku, dan ternyata suamiku yg menurut aku bahagia2 saja dgn rumah tangga kami ternyata menceritakan juga kalau dia tdk bahagia….ya kail ketemu ikan mereka merasa saling mengisi sampai saling jatuh cinta…mereka berhubungan selama setahun tanpa saya tahu sama sekali, memang suami saya pulangnya sdh lebih sering lambat tapi saya selalu percaya kalau dia kerja (kepercayaaan 100% kpd suami tanpa curiga sama sekali). Satu hal yg memang menjadi masalah dalam rumahtangga kami, sdh 2 tahun dia tidak mau menyentuh saya lagi sebagai istri….memeluk penuh kasih sayang masih tapi tdk pernah lagi ada nafsu, dia bilang dia tidak bisa lagi menyentuh saya dgn nafsu, sekalipun kadang saya minta tapi dia bilang jangan maksa. akhirnya saya pikir suamiku ada masalah (jadi impoten) aku kasihan juga lihat dia, jadi tidak berani untuk bicara masalah ini, dia sensitif sekali tdk pernah mau bicara ttg seks lagi dgn saya.
    sampai saya tahu ketidakjujurannya selama ini, dia mengakui kalau sdh jatuh cinta dgn teman kantornya dan mereka sdh berhubungan selama 1 tahun bahkan sdh berhubungan badan.
    Susahnya, sekalipun saya sdh tahu tapi dia tidak mau memutuskan hubungannya dgn wanita ini (si wanita memutuskan pacarnya krn sdh tertarik dgn suami saya)…menurut suami saya dia susah mengambil keputusan krn masih mencintai saya tapi juga mencintai selingkuhannya, lagian apa gunanya melanjutkan rumah tangga kalau tdk ada seks lagi di antara kita…cuma masalahnya dia bilang masih sayang ke saya dan juga masalah anak2.
    Sampai saat ini saya bertahan, bersabar, menanti jawaban Tuhan, saya percaya apa yg sdh dipersatukan Tuhan tidak dapat diceraikan oleh manusia. Saat ini mata suami saya hanya ditutupi oleh kegelapan, saya berdoa dalam waktu dekat Tuhan akan memperlihatkan terang-Nya untuk suami saya.
    Suami saya masih melanjutkan hubungannya dengan si perempuan dan si perempuan juga tdk mau meninggalkan suami saya……di lain pihak suami saya tdk dapat mengambil jalan mana yang dia mau pilih krn dia tdk mau meninggalkan saya dan anak2 dan di pihak lain tdk mau meninggalkan selingkuhannya.
    Tapi saya percaya TERANG PASTI AKAN MENGALAHKAN GELAP.
    Amin

  24. fera says:

    ada ngga yg mau share pengalaman mommies yg survive dan berhasil mempertahankan keutuhan rumah tangga dari badai “selingkuh” or suami yg lagi puber……bagi2 donk….sepertinya sy lg in proses nih…..masih optimis tp seringkali pesimis muncul…..harus banyak do’a juga pastinya kali ya???….thanks b4 utk sharingnya

  25. chieka says:

    tuk irene; makasie atas infonya sangat membantu para istri2 yg disia2 krn WIL
    tuk fera,sartika nina n semua yg merasa diselingkuhi:
    kunci semua ini adlah sabar serahkan pada tuhan jgn turutin emosi karena emosi itu yg diinginkan laki2 agar kita marah n tidak bahagia n kita yg mininggalkan mereka,, mereka tidak akan mw disalahkan ,, saran sayaa,, lebih sabar n tunjukan kita bahagia walopun kita dicaci dimaki difitnah inget orang yg pnya selingkuhan akan berusaha membuat kita tidk bahagia, n saya jg mengalami semua disia siakan tidak dihargai difitnah dicaci dimaki n parahnya mereka jg pasti akan memberi uang belanja yg amat sedikit, tp jalan 1 1nya adalah perbanyak ibadah n curhat kesahabat akan mngurangi beban , jgn pernah terpancing emosi lebih sabar jika mereka memaki kita cukup diem ladeni dgn senyum,, diawal mereka akan tambah marah,, layani mereka para suami dgn lebih baik tunjukan klo kita lebih dr selingkuhan nya, perlahan tp pastii manusia selalu punya hati kbaikan selalu mngalahkan kburukan. jadilah istri yg terbaik jgn cerewet, layani mereka toh walopun mereka tetap memilih mninggalkan kita mereka akan mnyesali perbuatannya,n meminta maaf, jgn lupa ibadah karena dgn keimanan kita menjadi kuat n mampu mjlani cobaan ini ,dan saya sebagai korban selingkuhan siap membantu kawan2 yg diselingkuhi,, bisa mlalui email, semoga tulisan ini dpt membantu amien

  26. chieka says:

    tuk kepada semua istri jika anda merasa disia2kan, kdrt, tidak dianggap, jgn remehkan masalah ini karena kdrt adalah gejala perselingkuhan waloupun tidak semua,, ingat laki2 akan menghalalkan segala cara agar mereka bisa berduaan dgn WIL n bisa mnyingkirkan kita n mereka jg tidak mw disalahkan,, jadi mereka pikir dgn membuat kita tidak bahagia maka kita yg akan menginginkan perceraian,, oh ya ni alamat email buat kawan2 yg menginginkan pengalaman saya sebagai bahan renungan n hikmah dibalik kisah diselingkuhi saya mw membantu atas dasar kemanusiaan,, saya tau anda pasti merasa tersakiti tidak ada yg bisa dipercayai, harga diri yg terluka n saran saya jgn gegabah jika ingin mempertahankan jgn pernah turuti emosi, ohya ni alamat email saya: chieka_mr.ferdinan@yahoo.com

  27. betha says:

    Saya sudah hampir 2th married,,syukur uamiblummenunjukkan tanda2 selingkuh.
    Karena sblum menikah saya sudah wanti2 membaca semua artikelyang berkaitan dgn pria selingkuh. Atau mungkin jg,karena kami belum lama menikah maka belum tampak perbhan pd suami yg signifikan. Tetapi benar sekali,alhamduillahh,, suami setiap hari selaalu menggebu untuk bertemu saya setiap harinya bila pulang kerja bukan untuk seks, tapi untuk makan bersama,karena pd waktu makan kami terbiasa bercerita panjang lebar tentang kesetiap harinya. Bahkan kalau bayi saya belum tidur,dia rela menunggu saya menidurkan anak dahulu. Stelah itu saya siapkan masakan lalu qta sharing baik tentang kntor,teman, relasi yang menjengkelkan, kegiatan saya dan anak dirumah. Bahkan kami ngobrol bisa sampaiberjam-jam dimeja makan.

    Benar sekali yang Bapak katakan,,saya sebagai seorang istri tentu jenuh dgn kegiatann saya hanya dirumah. ingin sekali mengeluh dan marah2 pd siapapun. Ujung2nya suami yang didepan mata yang ingin kita semprot. Tp itu smwa tidak saya kedepankan,,apalagi bila suami bru pulang kerja atau br bngun,,tentu ia pun masih gamang emosinya. Disaat itulah saya berlaku hati2 dan manis2 terhadapnya. Walaupun seandainya saat itu saya lg emosi. Tp alhamdulillah,,karena hal kecil seperti itu berdampak suatu rutini

  28. betha says:

    Saya sudah hampir 2th married,,syukur suami blum menunjukkan tanda2 selingkuh.
    Karena sblum menikah saya sudah wanti2 membaca semua artikel yang berkaitan dgn pria selingkuh. Atau mungkin jg,karena kami belum lama menikah maka belum tampak perbhan pd suami yg signifikan. Tetapi benar sekali,alhamduillahh,, suami setiap hari selaalu menggebu untuk bertemu saya setiap harinya bila pulang kerja bukan untuk seks, tapi untuk makan bersama, karena pd waktu makan kami terbiasa bercerita panjang lebar tentang kesetiap harinya. Bahkan kalau bayi saya belum tidur,dia rela menunggu saya menidurkan anak dahulu. Stelah itu saya siapkan masakan lalu qta sharing baik tentang kntor,teman, relasi yang menjengkelkan, kegiatan saya dan anak dirumah. Bahkan kami ngobrol bisa sampai berjam-jam dimeja makan.

    Benar sekali yang Bapak katakan,,saya sebagai seorang istri tentu jenuh dgn kegiatann saya hanya dirumah. ingin sekali mengeluh dan marah2 pd siapapun. Ujung2nya suami yang didepan mata yang ingin kita semprot. Tp itu smwa tidak saya kedepankan,,apalagi bila suami bru pulang kerja atau br bngun,,tentu ia pun masih gamang emosinya. Disaat itulah saya berlaku hati2 dan manis2 terhadapnya. Walaupun seandainya saat itu saya lg emosi. Tp alhamdulillah,,karena hal kecil seperti itu berdampak suatu rutinisme yang menghargai satu sama lain.

  29. whaty says:

    saya nggak tau apakah itu dah di bilang selingkuh tapi mengetahui dia blg yank dgn orang

    lain hati saya ngga bisa memaafkan dia.padahal apa aja saya dah nurut ma dia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s